LPPD Kabupaten Dharmasraya, Dari Peringkat 17 hingga Nomor Satu di Sumbar

LPPD Kabupaten Dharmasraya Dari Peringkat 17 hingga Nomor Satu di Sumbar Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan

Covesia.com - Kabupaten Dharmasraya kembali menorehkan prestasi. Saat ini kabupaten yang dipimpin Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan tersebut meraih peringkat pertama dalam Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (LPPD) dari 12 Kabupaten di Sumatra Barat. Sementara di tingkat Nasional, Kabupaten Dharmasraya berada di posisi ke-37.

“Raihan ini sebagai indikator membaiknya penyelenggaraan pemerintah di Dharmasraya semakin baik,” kata Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Kabupaten Dharmasraya Asril, Jumat (16/5/2019).

Menurutnya, peringkat yang diperoleh Kabupaten Dharmasraya itu merupakan hasil penilaian LPPD tahun 2017 dan diumumkan pada 2019.

Sementara untuk penilaian tahun 2016 atau satu tahun sebelumnya, Dharmasraya hanya meraih peringkat keempat di Sumbar. Begitu juga secara nasional, tahun 2016 silam berada di peringkat ke-120.

"Tidak ada strategi khusus dalam LPPD. Sebab, teknisnya hanya menghimpun program kerja dari setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD).  Ini karena kebersamaan dan support pimpinan,” imbuh Asril.

Bupati Sutan Riska mengungkapkan, pada tahun 2015 LPPD Dharmasraya berada di peringkat 17 di Sumbar. 

"Ketika awal kepemimpinan salah satu program saya adalah memperbaiki kinerja pemerintahan dengan sistem kerja yang terukur adalah kunci keberhasilan. Alhamdulillaah dalam 3 tahun ini kita terus perbaiki hingga hasil yg maksimal,” katanya.

Kepala Biro Pemerintahan, Sekretariat Daerah Pemprov Sumbar Iqbal Rama Dipayana, mengungkapkan Dharmasraya meraih peringkat satu di Sumbar dari hasil penilaian LPPD tahun 2017.

Pemerintah kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat (Sumbar) berhasil mengantongi penilaian LPPD (Laporan Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah) terbaik pertama tingkat Propinsi Sumatera Barat.

"Pemerintah Kabupaten Dharmasraya berhasil menjadi terbaik pertama dalam LPPD di Sumbar dan terbaik dengan nomor urutan 37 di tingkat Nasional," ungkap Iqbal.

Ia menyebutkan, hal ini merupakan sebuah capaian yang luar biasa, dimana sebelumnya Pemkab Dharmasraya berada di nomor 17 di Sumbar dan nomor 200-an di tingkat nasional.

"Penilaian LPPD itu dilakukan berdasarkan laporan tahun 2017. Dan penyerahan reward LPPD terbaik itu diserahkan langsung di Banyuwangi pada peringatan otonomi daerah pada tanggal 27 April lalu yang SK-nya dikeluarkan langsung oleh mendagri," ujarnya.

Ia menambahakan laporan LPPD  merupakan keberhasilan penyelenggara pemerintahan daerah baik kabupaten atau kota yang setiap tahunnya dievaluasi oleh kemendagri.

"Penilaian yang dilakukan berdasarkan kinerja yang dilakukan pemerintah daerah seperti kelengkapan dokumen pemerintahan terkait anggaran yang dilakukan didaerah itu," terangnya.

(dbi)

Berita Terkait

Baca Juga