Pemkab Pessel Targetkan 45 Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran

Pemkab Pessel Targetkan 45 Ribu Wisatawan Saat Libur Lebaran Kawasan Wisata Mandeh yang termasuk salah satu wisata unggulan di Pessel. (Indrayen/ Covesia.com)

Covesia.com- Pemerintah Kabupeten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan 45 ribu wisatawan datang ke daerahnya selama libur Lebaran tahun ini.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Pessel, Hadi Susilo mengatakan, pihaknya optimis di tahun ini kunjungan wisatawan di beberapa wisata unggulan didaerahnya akan meningkat dari tahun sebelumnya.

"Kita menargetkan tingkat kunjungan sebanyak 45 ribu orang kunjungan. Angka tersebut sangat dapat tercapai karena di tahun lalu peningkatan jauh melebihi target," kata dia kepada Covesia.com, Kamis (16/5/2019).

Ia menyebut, hingga kini pihaknya masih mengandalkan beberapa kawasan wisata diantaranya, Pantai Carocok, Jembatan Aka, Kawasan Wisata BahariTerpadu (KWBT), Pantai Batu Kalang dan Pantai Muaro Tarusan 

"Jadi untuk itu, seluruh objek wisata unggulan kita tersebut. Semuanya sudah siap menampung wisatawan yang berkunjung, baik dari keamanan parkir, tiket serta beberapa fasilitas lainnya. Untuk memberikan kenyamanan dan keamanan wisatawan," jelasnya.

Terkait keamanan dan kenyamanan wisatawan, pihaknya akan melakukan kerja sama dengan beberapa instansi lainnya. "Seperti, Satpol PP, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan juga pihak Kepolisian," sebutnya.

Ia juga meminta agar seluruh pedagang yang berada di kawasan wisata tidak menaikan harga semaunya kepada para pengunjung.

"Kita minta pedagang jangan memanfaatkan situasi dan kondisi dengan melambungkan harga barang jualannya pada pengunjung. Itu nantinya, dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan para wisatawan yang berkunjung," katanya.

Menurutnya, wisata di daerahnya adalah salah satu sektor yang dapat menghidupkan perekonomian masyarakat. 

"Jadi untuk itu, masyarakat kita silahkan manfaatkan kesempatan tersebut dengan sebaik-baik mungkin dan tunjukkan tatakrama kita sebagai daerah kawasan wisata. Supaya wisata tempat kita tetap menjadi favorit bagi wisatawan," tutupnya.

Kontributor Pessel: Indra Yen Putra


Berita Terkait

Baca Juga