Buaya yang Ditangkap Warga Agam Sudah Diserahkan ke BKSDA

Buaya yang Ditangkap Warga Agam Sudah Diserahkan ke BKSDA Buaya muara yang ditangkap warga di Sungai Sirah, Durian Kapeh, Nagari Tiku Utara, Kecamatan Tanjungmutiara, Kabupaten Agam, Rabu (15/5) malam. (Ist)

Covesia.com - Warga Sungai Sirah, Jorong Durian Kapeh, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Sumbar menyerahkan buaya yang masuk ke pemukiman dan berhasil ditangkap ke Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA). 

Kepala Resor BKSDA Agam, Syahrial Tanjung didampingi Unit Pengendali Ekosisrem Hutan (PEH) Ade Putra menjelaskan buaya yang diamankan pada Rabu (15/5/2019) malam itu berjenis buaya muara (Crocodylus porosus) dengan jenis kelamin betina sepanjang lebih kurang 3 meter.

"Buaya sudah diikat oleh warga jadi kita langsung mengangkut ke kantor BKSDA untuk memastikan kondisinya," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com, Kamis (16/5/2019).

Menurut Syahrial, masuknya buaya tersebut kepermukiman disebabkan luapan air sungai akibat hujan lebat yang melanda kabupaten Agam sejak Rabu siang.

"Kondisi satwa berdasarkan observasi dalam keadaan sehat dan baik, dalam waktu dekat ini kita akan lepasliarkan kembali ke habitatnya," tutupnya.

(han/rdk)

Baca juga: Warga Agam Ramai-ramai Tangkap Seekor Buaya Besar yang Mangsa Ternak

Berita Terkait

Baca Juga