Warga Agam Ramai-ramai Tangkap Seekor Buaya Besar yang Mangsa Ternak

Warga Agam Ramairamai Tangkap Seekor Buaya Besar yang Mangsa Ternak Warga menyaksikan buaya yang berhasil ditangkap dan diikat, setelah memasuki permukiman warga Sungai Sirah, Jorong Durian Kapeh, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam, Rabu (15/5) malam. Sumber: istimewa

Covesia.com - Seekor buaya berukuran besar masuk kepemukiman warga di Kabupaten Agam, Sumbar, pada Rabu (15/5) malam. Warga yang mengetahui keberadaan buaya, langsung beramai-ramai memburu dan menangkap reptil buas itu.

Warga Sungai Sirah, Jorong Durian Kapeh, Nagari Persiapan Durian Kapeh Darussalam, Kecamatan Tanjung Mutiara, Agam, berhasil mengikat mulut dan ekor si buaya. 

Kasi PNM Kecamatan Tanjung Mutiara, Weri Ikhwan mengatakan buaya terlihat oleh masyarakat berkeliaran dan mengejar ternak Rabu, (15/5/2019) sekitar pukul 21.00 WIB. 

"Melihat hewan itu warga langsung bergotong royong menangkap dan langsung mengikat dengan tali," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Kamis (16/5/2019).

Saat ini kondisi buaya masih terikat sembari menghubungi Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Resor Agam untuk diserahkan dan dilepasliarkan kembali ke habitatnya. 

"Kita sudah menghubungi BKSDA untuk menyerahkan buaya untuk dilepaskan kehabitatnya," jelas Weri.

Terpisah, Pengendali Ekosistem Hutan BKSDA Wilayah I Sumbar, Ade Putra menambahkan pihaknya telah mendapat laporan dari warga dan tim akan ke lokasi pada Kamis siang.

Tim akan mengevakuasi buaya tersebut, dan apabila tidak terluka akan langsung dilepas ke daerah lebih aman.

"Apabila buaya dalam keadaan terluka, akan dirawat dulu sampai sembuh," katanya. 

(han/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga