Kemarau Sebabkan Sumur Kering, BPBD Mentawai Bantu Warga Distribusikan Air Bersih

Kemarau Sebabkan Sumur Kering BPBD Mentawai Bantu Warga Distribusikan Air Bersih Kemarau Sebabkan Sumur Kering, BPBD Mentawai Bantu Warga Bagikan Air

Covesia.com - Musim kemarau yang melanda khususnya warga desa Tuapejat kecamatan Sipora Utara, membuat sumur masyarakat kering dan warga menjerit. Cuaca panas selama sebulan, membuat masyarakat mengalami krisis air bersih. 

Menanggapi situasi krisis air tersebut, BPBD Mentawai mendistribusikan air bersih dari PDAM  kepada masyarakat tersebut. 

"Sesuai misi Siaga, tangguh, dan kemanusiaan BPBD dan memang masyarakat sangat membutuhkan, kita berkoordinasi dengan Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman melakukan pelayanan distribusi air bersih ini," ujar Amir Ahmari Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kepulauan Mentawai di sela-sela kegiatannya mendistribusikan air bersih kepada warga di desa Tuapejat,  rabu (15/05). 

Amir mengatakan bahwa pelayanan distribusi air bersih dengan tangki BPBD yang bermuatan 5 ton / 5.000 Liter tersebut dilakukan di empat titik yaitu di area Pelabuhan Tuapejat hingga pantai Jati, kawasan Perumnas Km. 2, Simpang Mappadegat dan Mapaddegat, serta di areal Pasar Ibu Km.8.

Amir menambahkan, kegiatan membagikan air ini sudah dilakukan sejak kemarin hingga situasi normal kembali. 

"Distribusi air bersih ini tetap kita lanjutkan hingga krisis air teratasi dan hujan turun kembali," tukasnya. 

Dalam sehari Amir katakan, distribusi air bersih pada pagi hari dimulai dari jam 08.00-11.00 WIB dan sore hari dari jam 15.00-18.00 WIB sesuai situasi. 

"Selama ini kita susah mendapatkan air bersih, dan sudah mencoba menggali sumur bersama warga lainnya tetapi hanya sedikit saja dan itupun tidak jernih," ujar Johanes warga desa Tuapejat.

Masyarakat yang mendapatkan bantuan air bersih ini merasa sangat antusias dan bersyukur.  Mereka berharap kegiatan distribusi air bersih bisa terus dilakukan di saat-saat krisis seperti belakangan ini.

Kontributor: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga