Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Satlantas Polres Pessel Gelar Operasi Rutin

Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Satlantas Polres Pessel Gelar Operasi Rutin Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas, Satlantas Polres Pessel Gelar Operasi Rutin

Covesia.com - Jajaran Satlantas Polres Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menggelar operasi rutin di wilayah tersebut, hal tersebut dilakukan guna meningkatkan tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas. 

Operasi kali ini dilakukan oleh Satlantas Polres Pessel di wilayah Ranah Pesisir, Kecamatan Ranah Pesisir, Kabupaten Pesisir Selatan, pada Selasa (14/5/2019)

"Giat atau operasi yang kita lakukan kali ini dalam rangka operasi keselamatan dan penekanan angka keselamatan berkendara dan juag untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas," ungkap Kasat Lantas Polres Pesisir Selatan, AKP Denny Catur WD pada Covesia.com, Selasa (14/5).

Ia menambahkan, dalam melakukan operasi patuh tersebut. Pihaknya bakal menindak secara preventif, edukatif dan juga melakukan sosialisasi.

"Selain menindak dan pencegahan kita juga bakal memberikan sosialisasi dan penyuluhan dalam bagai mana mematuhi lalu lintas dan cara yang aman dalam berkendara. Karena itu, dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas di daerah kita," katanya.

Disampaikannya, dalam operasi tersebut. Ia menemukan berbagai bentuk pelanggaran. Tapi pelanggaran yang banyak yaitu, banyaknya pengemudi di bawah umur di daerah tersebut.

"Bentuk pelanggaran yang kita temukan seperti tidak memiliki helm SNI dan berboncengan lebih dari satu. Lebih parahnya lagi yaitu, banyaknya pengendara dibawah umur. Banyak anak SMP yang terjerat operasi kita kali ini," ujarnya.

Lanjutnya, operasi kali ini juga melakukan pencegahan terhadap pengendara yang menggunakan miras dan narkoba serta menggunakan handphone saat berkendara.

"Untuk narkoba emang tidak ada tadinya kedapatan. Tapi, itu sangat berbahaya dan bisa memicu kecelakaan yang sangat tinggi, begitupun yang menggunakan handphone saat berkendara,"sebutnya

Terkait hal itu, ia berharap kepada seluruh masyarakat di daerahnya. Agar mematuhi peraturan berlalulintas dan memiliki kelengkapan dalam berkendara.

"Begitupun kepada orang tua kita juga berharap lebih mengingatkan dan mencegah anaknya dalam berkendara, serukanlah kepada mereka agar mematuhi peraturan dalam berkendara lalu lintas. Sebab, selain mematuhi aturan itu juga dapat menjaga keselamatan kita dalam berlalu lintas," pungkasnya

Kontributor: Indra Yen

Berita Terkait

Baca Juga