Harga Kebutuhan Pokok di Pasbar Terus Merangkak Naik

Harga Kebutuhan Pokok di Pasbar Terus Merangkak Naik Dinas Pangan Pasbar saat melakukan pengawasan harga kebutuhan Pokok di sejumlah tempat di Simpang Empat, Selasa (14/05/2019).

Covesia.com - Harga sejumlah kebutuhan pokok seperti daging, ayam hingga bawang putih di Kabupaten Pasaman Barat, Sumbar terus merangkak naik sejak awal Ramadhan kemarin.

Kepala Dinas Pangan Pasbar, Yas'ari mengatakan kenaikan harga berkisar Rp6 ribu hingga Rp30 ribu per Kilogramnya.

"Meski demikian Dinas Pangan bersama satuan tugas akan terus melakukan pengawasan untuk mencegah terjadi penimbunan dan kenaikan harga diluar batas kawajaran. Pengawasan itu meliputi agen dan pengencer," kata Yas'ari, Selasa (14/5/2019).

Yas'ari menegaskan akan menindak tegas jika terbukti ada oknum yang mempermainkan harga kebutuhan pokok didaerah tersebut.

"Harga kebutuhan pokok dan daging di Pasaman Barat terus naik sejak awal Ramadhan. Bahkan kenaikan harga itu dinilai tidak wajar dan berbeda-beda di setiap pasar tradisional. Makanya hari ini kami turun melakukan pengawasan harga dan kualitas kebutuhan pokok yang beredar dipasaran,"tambahnya.

Pengawasan tersebut kata dia, meliputi stabilitas harga kebutuhan pokok dan alur pendistribusiannya bagi barang yang berasal dari luar daerah dan dipasok oleh sejumlah agen.

"Hasil pemantauan tim di lapangan kenaikan harga kebutuhan pokok terjadi akibat tingginya permintaan masyarakat. Kenaikan harga terjadi pada daging, ayam, bawang dan sayur mayur. Kemudian kami juga meminta masyarakat untuk tidak membeli kebutuhan pokok yang terindikasi mengandung pengawet atau hal yang membahayakan kesehatan setelah dikonsumsi," tukasnya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga