Pemkab Mentawai Anggarkan Rp23 Miliar Relokasi Tiga Puskemas

Pemkab Mentawai Anggarkan Rp23 Miliar Relokasi Tiga Puskemas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat, Lahmuddin Siregar (Foto: Korneli Septin Rahayu)

Covesia.com - Untuk meningkatkan standar kelayakan  tempat penyelenggaraan kesehatan masyarakat,  Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat akan melakukan pengembangan dan relokasi puskesmas tahun ini.  

"Tahun 2019, ada tiga puskesmas yang kita kembangkan  dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Afirmasi dengan total Rp23 Miliar," ujar Lahmuddin Siregar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Mentawai di ruang kerjanya, selasa (14/5/2019). 

Puskesmas tersebut kata Lahmuddin diantaranya, Puskesmas di Saibi kecamatan Siberut tengah. Pada Puskesmas ini, kata dia, akan diperluas bangunan rawat inapnya. 

Selanjutnya, puskesmas di Peipei kecamatan Siberut barat daya akan direlokasi rumah dinas, puskesmas, dan rawat inapnya. 

"Kita melakukan relokasi mencari lahan yang lebih aman karena rawan banjir di sana," terang Lahmuddin. 

Terakhir, puskesmas di Betaet kecamatan Siberut barat juga akan dilakukan perluasan  dengan pagar-pagarnya dan direhab kembali.

Ia mengatakan bahwa pelaksanaan ketiga program tersebut sedang dalam proses. 

"Kita juga meningkatkan sarana prasarana penunjang pada puskesmas tersebut seperti listrik, air bersih, dan lainnya," tukasnya. 

Sebelumnya 5 puskesmas juga sudah dilakukan pengembangan atau perluasannya diantaranya, puskesmas di desa Saumanganyak, Sioban, Malakopa, Sikabaluan, dan Mapaddegat. 

Reporter Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga