Mahyeldi-Hendri Septa Diminta Fokus Berdayakan UMKM

MahyeldiHendri Septa Diminta Fokus Berdayakan UMKM Mahyeldi dan Hendri Septa

Covesia.com - Usai dilantik Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno di Auditorium Gurbernur Sumbar, Senin (13/5/2019) kemarin, Walikota dan Wakil Walikota Padang Mahyeldi-Hendri (Mahen) diminta fokus untuk memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) demi mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat di Kota Padang.

"Langkah awal dalam memimpin kota Padang, Mahyeldi-Hendri Septa mestinya memberdayakan masyarakat dalam sektor UMKM, pemberdayaan ini bisa dilakukan dengan pembenahan pariwisata dan pasar," ungkap Edi Indrizal, Dosen Politik Fakultas Sosial dan Ilmu Politik Universitas Andalas kepada Covesia.com, Rabu (13/05/2019).

Lanjut Edi, untuk menguatkan UMKM sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi harus dilandasi dengan kebijakan terkait dengan perizinan yang dikuatkan dengan Perda, supaya kegiatan ekonomi memiliki sandaran hukum.  

"Pengangguran terdidik cukup banyak di kota Padang, Mahen harus buka perizinan usaha yang mengarah kepada UMKM," tambahnya.

Edi mengatakan, pembinaan Sumber Daya Manusia (SDM) ke arah bidang kewirausahaan sangat perlu dilakukan untuk mendorong ekonomi ke sektor UMKM.  

"Pembinaan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dalam mengelola usaha," ujar Edi.

Edi menyarankan, Mahen harus mempertahankan konsistensinya dalam memimpin Kota Padang. "Itu yang disenangi masyarakat kepada Mahen, ia sangat responsif dalam menyikapi permasalahan yang ada, seperti bencana alam dan permasalahan sosial yang ada di masyarakat," sarannya.

"Semoga kombinasi Mahen dalam memimpin mampu mempercepat pertumbuhan dan pembangunan yang sangat aspiratif dan memenuhi harapan publik," harap Edi.

Kontributor Padang: Ibal

Berita Terkait

Baca Juga