Tak Kantongi Tiket Kapal Mentawai, Seorang Pria Nekad Terjun ke Laut

Tak Kantongi Tiket Kapal Mentawai Seorang Pria Nekad Terjun ke Laut Ipok (tengah) saat diintrograsi petugas. Foto: Dishub Mentawai

Covesia.com - Seorang penumpang KMP Ambu-ambu (kapal ASDP) nekad terjun ke laut saat kapal akan menyandar di pelabuhan Tuapejat, kecamatan Sipora Utara, Mentawai, Senin (13/5/2019) subuh, sekira pukul 05.00 WIB. 

"Saya melihat penumpang itu berdiri di dekat border tali. Kapten dan saya juga sudah teriakin tapi ia akhirnya terjun ke laut," ujar Dedi Supriadi, Koordinator Pelabuhan Tuapejat Dishub Mentawai, Senin di Tuapejat. 

Beruntung, saat jatuh penumpang tersebut tidak terjepit kapal. Setelah penumpang nekad tersebut ditarik, ia diinterogasi oleh pihak kapal, Dishub, dan Polres Mentawai di terminal Dinas Perhubungan. 

Setelah diinterogasi, diketahui pria tersebut bernama Ipok (49) seorang nelayan dari desa Sikabaluan, Kecamatan Siberut Utara. 

"Kita interogasi, takutnya penumpang tadi maling atau buron, atau membawa barang-barang yang terlarang," imbuh Dedi. 

Dedi menambahkan bahwa Ipok ternyata datang bersama  anaknya dari Padang.

"Anaknya tidak punya identitas. Setelah diperiksa, isi dalam tas Ipok hanya pakaian seadanya, sepatu bot, dan dua bilah parang," ungkap Dedi. 

Ternyata, alasan pria tersebut nekad terjun saat kapal akan bersandar, karena takut diperiksa tidak memiliki tiket. 

"Karena tidak ada kondisi mencurigakan atau aman, pria tersebut kami lepas. Hanya saja kami mengingatkan penumpang tersebut untuk membeli tiket kapal lainkali," tutupnya.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga