Masyarakat Pasaman Minta DPRD Anggarkan Penanganan Banjir di Lansek Kadok

Masyarakat Pasaman Minta DPRD Anggarkan Penanganan Banjir di Lansek Kadok Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Yasri bersama Asisten I, M. Susilo saat menyerahkan bantuan Safari Ramadhan di Masjid Al Muttaqin Tanjung Durian, Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan, Jum'at (10/05/2019)

Covesia.com - Masyarakat Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan meminta Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat mengupayakan penganggaran pengentasan daerah rawan banjir didaerah tersebut.

"Kampung Tanjung Durian, Nagari Lansek Kodok ini daerah langganan banjir luapan Sungai Batang Sumpur. Saat musim hujan dengan intensitas tinggi turun, pemukiman warga sudah biasa digenangi air dengan keyinggian mencapai satu Meter. Belum lagi lahan pertanian warga turut rusak parah dilanda banjir tersebut. Untuk itu kami sangat meminta pihak Pemerintah bersama DPRD Pasaman menganggarkan normalisasi Sungai Batang Sumpur ini sesegera mungkin,"kata masyarakat yang diwakili Walinagari Lansek Kodok, Antoni saat menyambut Tim III Safari Ramadhan di Masjid Al Muttaqin Tanjung Durian, Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan, Jumat (10/05/2019).

Menurut Antoni, jika kondisi tersebut terus dibiarkan dikwatirkan bisa menelan korban materil bahkan jiwa yang cukup besar. 

"Belum lagi perasaan masyarakat yang selalu dihantui rasa was-was jika sewaktu-waktu banjir datang. Jika dilakukan normalisasi Sungai Batang Sumpur yang dipinggir perkampungan ini, kami yakin resiko langganan banjir ini bisa teratasi,"ungkapnya.

Sementara Ketua DPRD Pasaman, Yasri selaku ketua rombongan mengatakan pihaknya selalu mengupayakan keluhan masyarakat tersebut. 

"Sungai Batang Sumpur ini yang bermuara dengan Sungai Batang Asik di Rao Selatan ini memang selalu mengancam pemukiman masyarakat jika debit air sungai membesar. Kami dari DPRD bersama Pemda selalu mengupayakan penganggarannya. Namun karena butuh biaya yang besar, makanya kita lakukan secara bertahap. Titik ini juga sudah menjadi prioritas daerah guna pengentasan bencana banjir di Pasaman,"ungkapnya.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Yasri yang tergabung dalam Tim Safari Ramadhan (TSR) III juga menyerahkan bantuan Rp 10 Juta untuk pembangunan Masjid Al Muttaqin Tanjung Durian, Nagari Lansek Kodok, Kecamatan Rao Selatan.

"Kemudian dua gulung karpet shalat dan satu paket kitab suci Al-Qur'an dari Baznas Pasaman. Kami berharap semua bantuan ini bisa dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk keberlangsungan aktifitas keagamaan di Masjid Al-Muttaqin ini,"kata ketua DPRD Pasaman, Yasri.

Ketua DPRD Kabupaten Pasaman, Yasri meminta kepada masyarakat  untuk dapat kompak, saling bantu membantu dan mendukung program-program Pemerintah khususnya di Nagari Lansek Kadok.

"Pemerintah Kabupaten Pasaman akan terus berupaya meningkatkan Pembangunan untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat sebagai perwujudan visi masyarakat Pasaman yang Sejahtera Agamis dan Berbudaya,"katanya.

(eri)

Berita Terkait

Baca Juga