ASN Pasaman Diminta Setorkan Zakat THR dan Gaji 13 Melalui Baznas

ASN Pasaman Diminta Setorkan Zakat THR dan Gaji 13 Melalui Baznas Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal (Dok: Covesia)

Covesia.com - Seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat diminta untuk menyetorkan dana zakat Tunjangan Hari Raya (THR) dan gaji 13 melalui Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) setempat.

"Berdasarkan UU Zakat Nomor 23 Tahun 2011 dan PP Nomor 14 Tahun 2014 serta Perda Pasaman Nomor 13 Tahun 2007, bahwa zakat wajib dibayarkan kepada yang berhak menerima (Mustahiq) melalui Baznas. Kemudian seluruh penghasilan dari muzakki msrupakan kesatuan yang wajib dibayarkan zakatnya sebagaimana tercantum dalam QS. Al-Baqarah Ayat 267, termasuk THR dan gaji 13 ASN," terang Ketua Baznas Pasaman, Syafrizal ketika kepada Covesia.com, diruang kerjanya, Jumat (10/05/2019).

Menurut Syafrizal, potensi dana zakat dari THR dan Gaji 13 ASN sangat siknifikan bisa mencapai Rp800 Juta. Untuk itu kata dia, pihaknya sudah menyurati seluruh OPD yang ada untuk penyetoran dana zakat tersebut.

"Benar. Karena setiap bulannya kita lihat grafik penerimaan Baznas dari Zakat ASN rata-rata sekitar Rp400 Juta. Jadi kalau bisa masuk semua dana zakat THR dan Gaji 13 ASN kita bisa mencapai Rp800 Juta. Jumlah ini tentu sangat dibutuhkan  jika bisa disetorkan untuk kembali kita salurkan kepada sejumlah mustahiq yang layak di daerah Pasaman," jelasnya.

Namun kata dia, pada tahun 2018 lalu baru 8 OPD yang patuh menyetorkan dana zakat THR dan Gaji 13 ASN ke Baznas setempat.

"Kita berharap semua OPD di Pasaman bisa dengan patuh untuk bisa menyetorkan dana zakat tersebut. Sebab, dengan dana tersebut bisa kita salurkan kepada sekitar 25 ribu mustahiq di daerah kita. Karena sejak Tahun 2016 baru bisa menyalurkan kepada 13.400 orang mustahiq zakat," tutupnya.

(heri)

Berita Terkait

Baca Juga