Minggu, 32 Desa di Pariaman Gelar Pilkades Serentak

Minggu 32 Desa di Pariaman Gelar Pilkades Serentak Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota Pariaman Effendi. (Almurfi Sofyan/covesia)

Covesia.com - Sebanyak 32 Desa Di Kota Pariaman, Sumatera Barat bakal melaksanakan (Pemilihan Kepada Desa  (Pilkades) serentak pada Minggu (28/9/2019) mendatang. Berbagai persiapan untuk itu sudah dilakukan sesuai dengan tahapan- tahapan yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes) Kota Pariaman Effendi mengungkapkan, ada sebelas tahapan yang harus dilalui oleh seluruh calon kepala desa untuk menuju tampuk pimpinan di desa mereka masing-masing.

"Tahapan tersebut diantaranya, pengumuman penerimaan berkas pilkades, hingga kampanye dari masing-masing pasangan calon hingga pemungutan suara," ujarnya, Jumat (26/4/2019). 

Dia mengatakan, untuk tahun 2019 ini ada  32 Desa yang mengikuti pilkades secara serentak dari 55 desa yang tersebar di Kota Pariaman dengan jumlah calon sebanyak 115 orang yang terdiri dari 111 orang berjenis kelamin laki-laki dan 4 orang berjenis kelamin perempuan. 

"Sedangkan untuk tempat pemungutan suara (TPS) berjumlah sebanyak 71 dengan jumlah pemilih keseluruhannya yang terdata dalam daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 27.019 orang," katanya.

Sementara itu untuk persiapan logistiknya, menurut Effendi, semua sudah di siapkan oleh DPMDes dan rencananya semua logistik tersebut akan diantarkan, jumat (26/04) langsung dan di inapkan di kantor desa masing-masing melalui pengawasan keamanan yang dilakukan oleh polisi yang bekerja sama dengan dubalang desa.

"Untuk tata cara pemilihan, TPS di buka jam 06.00 wib untuk mempersiapkan keperluan pemilihan dan akan di tutup kembali pada pukul 13.00 wib. Setelah itu baru pihak penyelenggara mengadakan penghitungan suara dan hasilnya nanti akan di kirim kekecamatan", jelasnya.

Beliau berharap pilkades ini bisa berjalan dengan lancar dan aman, kemudian untuk panitia dan penyelenggara harus bersikap profesional dengan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon, dan menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing baik pengawas, maupun P2KD nya demi terlaksananya pemilihan yang jujur dan adil. 

Kontributor Pariaman: Almurfi Sofyan


Berita Terkait

Baca Juga