Pemkab Pessel Targetkan Hasil UNBK SMP Masuk Lima Besar di Sumbar

Pemkab Pessel Targetkan Hasil UNBK SMP Masuk Lima Besar di Sumbar Bupati Pessel, Hendrajoni bersama Opd Dinas Pendidikan saat meninjau UNBK. (Istimewa)

Covesia.com- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan (Pemkab Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) menargetkan peringkat Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2019 tingkat SMP didaerah tersebut meraih posisi lima besar di Sumbar.

Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni menyatakan bahwa target tersebut arus dicapai oleh daerahnya. Hal ini dikarenakan pada tahun lalu Pessel hanya berada di posisi sembilan besar.

"Kita optimis bisa meraihnya. Sebab, persiapan kita di tahun ini cukup matang dari tahun lalu,"ungkapnya pada Covesia.com, Kamis (25/4/2019).

Menurut dia, UNBK tingkat SMP yang dilakukan saat ini diikuti oleh 9.196 siswa yang tersebar di 108 SMP dan MTsN. Dimana, jumlah tersebut sangat jauh beda dengan jumlah tahun sebelumnya.

"Sangat jauh meningkat peserta yang mengikuti UNBK, itu menandakan bahwa kita sangat siap. Dan hampir seluruh sekolah SMP di Pessel mengikuti UNBK atau ujian berbasis komputer," jelasnya

Hendrajoni menjelaskan bahwa sektor pendidikan adalah salah satu pekerjaan rumah yang mesti menjadi prioritas pemerintah. Hal itu, menurutnya, sesuai dengan visi misi Pessel.

"Jadi, kita sangat mengharapkan kerja keras dan serius oleh dinas jajaran pendidikan. Selain itu, fungsi masyarakat dan orang tua murid juga harus ikut bekerja keras demi memajukan pendidikan di kampung kita," kata dia.

Sementara, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Zulkifli menyebutkan, guna menyukseskan UNBK, pihaknya membentuk instruktur kabupaten tiap mata pelajaran.

Sedangkan untuk SMP Negeri 1 Painan baru tahun ini melaksanakan UNBK secara mandirin. Kini, secara bertahap sarana dan prasarana pendukung UNBK terus ditingkatkan.

"Kami terus meminta agar sekolah terus meningkatkan sarana dan prasarana UNBK, sekaligus berkoordinasi dengan pihak terkait," terang dia.

Kontributor Pessel: Indra Yen Putra

Berita Terkait

Baca Juga