Ada Pelanggaran Pemilu, KPU Putuskan Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS Mentawai

Ada Pelanggaran Pemilu KPU Putuskan Pemungutan Suara Ulang di Dua TPS Mentawai Ketua KPU Mentawai Divisi Keuangan, Umum, Logistik, dan Rumah Tangga, Eki Butman (Tengah) saat konferensi pers, Rabu (24/04/2019) (Foto: Septin Rahayu)

Covesia. com - Berdasarkan rekomendasi dari Panwascam dan Bawaslu, dua TPS di Kabupaten Kepulauan Mentawai akan melakukan Pemungutan Suara Ulang (PSU). 

Pertama, TPS dua di desa Mara kecamatan sipora selatan. Alasan dilakukan PSU didaerah tersebut karena ditemukannya  kasus dua warga yang e-KTP nya tidak sesuai domisili dan mencoblos tanpa pengurusan formulir A5 . 

"Satu orang ber KTP DKI mendapatkan dua surat suara, satu lagi ber KTP Tuapejat mendapatkan 5 surat suara," ungkap Eki Butman Ketua KPU Mentawai Divisi Keuangan, Umum, Logistik, dan Rumah Tangga saat konferensi pers, Rabu (24/04/2019). 

Selanjutnya kasus di TPS 6 dusun Pututukat desa Saumanganyak kecamatan Pagai utara, petugas KPPS memulai penghitungan suara jam 10.45 wib.

"Penghitungan surat suara disetujui saksi dan Petugas karena pemilih dalam DPT telah terakomodir semua dan tidak ada pemilih DPTb," tutur Eki. 

Namun, hal tersebut melanggar administrasi karena penghitungan surat suara seharusnya dimulai jam 13.00.

Diketahui, jumlah DPT di desa Mara sebanyak 226, sementara desa Saumanganyak hanya 77. 

Oleh sebab itu kata Eki, setelah berdiskusi dengan Bawaslu dan berkoordinasi dengan KPU Provinsi, PSU akan dilaksanakan pada 27/04/2019 dengan 5 jenis surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPR RI, DPD, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten. Hal tersebut sesuai ketentuan bahwa pelaksanaan PSU dalam waktu 10 hari sejak 17/04/2019 dan sambil menunggu kedatangan logistik. 

Sementara terkait hasil penghitungan surat suara Eki katakan, rekapitulasi dari 10 kecamatan sudah mencapai 50% dan tinggal menunggu arus balik logistik minggu depan sehingga bisa dilakukan rekapitulasi suara di tingkat kabupaten. 

(Kornelia Septin Rahayu) 

Berita Terkait

Baca Juga