Dianggap Curang, Saksi Nasden Minta KPSS di Pessel Lakukan Penghitungan Suara Ulang

Dianggap Curang Saksi Nasden Minta KPSS di Pessel Lakukan Penghitungan Suara Ulang Sel Aldi salah seorang saksi yang menuntut KPPS untuk transparan (Foto: Indrayen/Covesia)

Covesia.com - Rekapitulasi penghitungan surat suara di Kecamatan Linggosari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) terindikasi kecurangan, saksi dari parpol Nasdem inginkan penghitungan ulang.

Salah seorang saksi dari parpol Nasdem, Sel Aldi mengatakan pihaknya menilai Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) melakukan rekapitulasi perhitungan suarat suara di Kecamatan tersebut dari Dapil VI tidak transparan.

"Ketidak transparan penghitungan surat suara dari KPPS tidak sesuai dengan Undang-undang pemilu No 7 tahun 2017 pasal 391 jelas dinyatakan bahwah PPS wajib menampilkan C1 di muka publik pada proses perhitungan suara di TPS," ungkapnya

Dimana akibat tidak ketransparanan yang dilakukan, mengakibatkan dan adanya indikasi kecurangan yang dilakukan oleh pihak KPPS, sedangkan di Undang-undang telah diatur sebagai mana mestinya.

"Dari pantauan yang kami lakukan bersama tim sejak proses pencoblosa hingga proses rekapitulasi di kecamatan kami melihat ada kejanggalan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu," ujarnya

Disampaikannya, kejanggalan juga terlihat pada salinan data C1 yang diterima saksi, yang mana pada sebagian besar C1 tersebut ada pencoretan data yang tidak diparaf dan digaris dua (tanda koreksi/perubahan-red) oleh petugas penyelanggaran.

"Jadi ini sudah jelas, adanya bentuk pelanggaran yang sengaja di buat atau praktek Mal Administrasi dalam penyelenggaraan. Dengan demikian ini sangat merugikan para peserta pemilu dan caleg sendiri," ucapnya

Lanjutnya, selain itu ia mengatakan, bahwa ditemukan data dari setiap salinan sertifikat hasil penghitungan suara tidak tampak di seluruh TPS, dan salinan C1 yang diterimanya PPS tidak sama dengan saksi Caleg lain dengan partai yang sama.

"Seolah-olah memang sudah di rencanakan. Buktinya, ada saksi yang tak mau memberikan dan sengaja melenyapkan data C1 dari Partai Nasdem. Kalau seperti ini tidak propesional dan netralitas penyelenggara dari proses pemilu yang dilakukan. Ini sudah menzolimi demokrasi di negara ini," kata Sel Aldi.

Terkait hal itu, ia berharap ada peninjauan ulang terhadap kebijakkan proses penyelenggara pemilu khusus Dapil IV Pesisir Selatan. Karna ini merugikan beberapa pihak.

"Selain itu, saya berharap dilakukannya penghitungan surat suara ulang di kecamatan tersebut dengan menampilkan C1 pleno secara transparan. Sebab, kami memang yakin ada pihak yang tidak bertanggung jawab mempermainkan hal ini," tutupnya

Sementara itu, PPK Linggosari Baganti Nasrol mengklaim pihaknya sudah bekerja sesuai prosedur dan aturan yang berlaku. Dan itu, kata dia, sudah diawasi dan dikawal oleh Panwascam dan semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaran pemilu ini. 

"Kami sudah bekerja sesuai aturan. Nah, jika terjadi komplain tentu kami akan dudukan dengan Panwascam untuk mengambil keputusan dan langkah apa yang akan dilakukan, " ujarnya. 

Reporter Pessel: Indrayen

Berita Terkait

Baca Juga