21 SMP di Padang Pariaman Masih Gelar UN Berbasis Kertas dan Pensil

21 SMP di Padang Pariaman Masih Gelar UN Berbasis Kertas dan Pensil Foto: Antara

Covesia.com - Sebanyak 21 Sekolah Menengah Pertama (SMP) negeri dan swasta di Kabupaten Padang Pariaman masih melaksanakan ujian nasional berbasis kertas dan pensil (UNKP). Hal itu terjadi karena minimnya fasilitas komputer di sejumlah sekolah tersebut.

"Sementara dari 60 SMP yang kita punya, 36 sekolah lainnya sudah melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK)," ujar Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan SMP Disdikbud Padang Pariaman, Yuhendri Eka Suprianto, Selasa, (23/4/2019).

Kata dia, dari 39 SMP yang melaksanakan UNBK itu 13 SMP diantaranya sudah melaksanakan UNBK secara mandiri disekolahnya. 26 lainnya masih terpaksa menumpang di Sekolah Menengah Atas (SMA) yang ada di daerah tersebut untuk menggelar ujian.

Jumlah 39 SMP sederajat yang menggelar UNBK itu, jauh meningkat dibanding UNBK tahun sebelumnya.

Pada tahun lalu hanya ada 21 SMP sederajat yang melaksanakan UNBK di Padang Pariaman dan hanya 3 SMP yang menggelar UNBK secara mandiri.

Sementara untuk siswa SMP yang mengikuti UNBK tahun ini mencapai 4.616 siwa. Sedangkan siswa SMP yang menjalani ujian berbasis UNKP sebanyak 1.290. 

Disisi lain, Kepala SMPN 1 Nan Sabaris, Padang Pariaman, Baiyar Mansur menyebut meski pihaknya masih melaksanakan ujian berbasis kertas dan pensil atau UNKP namun ia tetap optimis ujian bisa berlangsung baik dan aman. 

"Semoga ujian tahun selanjutnya anak didik kami bisa mengikuti ujian berbasis komputer," harapnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Sofyan

Berita Terkait

Baca Juga