Bawaslu Padang Periksa Pelapor Caleg Gerinda Diduga Terlibat Money Politik

Bawaslu Padang Periksa Pelapor Caleg Gerinda Diduga Terlibat Money Politik Koordinator divisi Penindakkan Pelanggaran Bawaslu Kota Padang, Firdaus Yusri (Foto: Covesia/Doni Syofiadi)

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Padang, Sumatera Barat mulai lakukan proses penindakkan kasus dugaan politik uang (money politic) calon legislatif (Caleg) BR dari Partai Gerinda, Senin (22/4/2019).

Penindakkan diawali dengan pemeriksaan terhadap pelapor oleh Bawaslu dengan mengumpul bukti-bukti pelanggaran yang ditemukan.

"Ya..., kita sudah masuk pada tahap klarifikasi pasca pembahasan pertama bersama polisi dan kejaksaan. Pada tahap klarifkasi ini kita akan menghadirkan beberapa pihak dari pelapor, terlapor dan saksi-saksi yang diperlukan," ujar Koordinator divisi Penindakkan Pelanggaran  Bawaslu Kota Padang, Firdaus Yusri kepada Covesia di Padang.

"Hari ini, kita baru klarifikasi dari pihak pelapor. Kalau untuk bukti-bukti formil dan materil sudah terpenuhi, namun kita akan klarifikasi pelapor bagaimana kronologi dari peristiwa pelanggaran tersebut," terang Firdaus.

Firdaus menjelaskan pada tahap klarifikasi ini setidaknya membutuhkan masa kerja selama 14 hari.

"Tahap klarifikasi ini kita akan kaji selama tujuh hari kedepan, jika masih ada kekurangan informasi menurut kajian kita, akan ditambah tujuh hari lagi," katanya.

Jika pada tahap klarifikasi ini memenuhi unsur pidana, Bawaslu Kota Padang akan melanjutkan kasus tersebut kepada penyidik kepolisian.

Baca juga: Pakar Hukum: Caleg Terbukti Lakukan Money Politik Tidak Bisa Dilantik

Diketahui laporan tersebut diterima Bawaslu pada Selasa (16/4) kemaren saat masa tenang pemilu 2019 dengan surat No: 008/LP/PL/Kota/03.01/IV/2019 atas dasar laporan pelanggaran membagikan sembako (money politic) di kawasan Padang Selatan.

Terlapor sendiri merupakan Caleg DPRD Kota Padang dari Partai Gerindra Daerah Pemilihan (Dapil) Padang Timur dan Padang Selatan.

(dnq)

Baca juga: Bawaslu Terima Laporan Caleg Gerindra Bagikan Sembako di Padang

Berita Terkait

Baca Juga