KPU Mentawai Tunggu Penghitungan Suara dari PPK

KPU Mentawai Tunggu Penghitungan Suara dari PPK Ketua KPU Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Eki Butman. (Septin Rahayu/ Covesia.com)

Covesia.com - Ketua KPU Kepulauan Mentawai, Sumatera Barat, Eki Butman menyatakan bahwa proses pemungutan dan penghitungan suara di tingkat desa di Kepulauan Mentawai sudah selesai dilakukan. 

Kendati demikian, pihaknya masih menunggu pengangkutan hasil penghitungan suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

 "Kita masih menunggu mobilisasi atau pengangkutan hasil penghitungan dan pemungutan suara dari Panitia Pemungutan Suara (PPS) ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Kemungkinan besok sudah bisa dimulai penghitungan atau rekapitulasi suara oleh PPK," terang Eki Butman kepada Covesia, Kamis (18/4/2019). 

Oleh sebab itu, ia mengaku belum bisa memberikan data rekapitulasi. Hal ini dikarenakan pihaknya tidak menggunakan sistem real count, quick count ataupun sistem informasi penghitungan (situng). 

"Hasil rekapitulasi suara secara berjenjang dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) ke PPK, selanjutnya ke tingkat Kabupaten/kota sampai ke tingkat pusat," ujar dia.

Menurut dia, penghitungan dengan sistem situng untuk di Kepulauan Mentawai terkendala dengan terbatasnya jaringan internet di setiap kecamatan. 

Selain itu, tembah dia, mobilisasi kotak suara dari tingkat TPS di desa ke kecamatan hingga kabupaten sangat jauh dan butuh waktu. 

Ia menyebut bahwa penghitungan rekapitulasi suara oleh PPK di tingkat kecamatan akan dimulai dari tanggal (18/4) sampai dengan (4/5). Sedangkan untuk di tingkat kabupaten akan dilakukan mulai tanggal (20/4) sampai dengan (7/5).

Berdasarkan pantauan Covesia di Posko Pemilu 2019 di aula kantor Bupati Mentawai, hasil rekap sementara Pilpres 2019 yang dihimpun dari petugas Pam maupun Muspida, di TPS Kecamatan Sipora Utara, pasangan nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin ungul dengan memperoleh 2.260 suara. Sedangkan pasangan nomor urut 02, Prabowo-Sandiaga 1.441 suara dan 47 suara tidak sah. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu


Berita Terkait

Baca Juga