Banyak Hewan Ternak di Mentawai Kurang Gizi

Banyak Hewan Ternak di Mentawai Kurang Gizi Ilustrasi

Covesia. com - Sejumlah hewan ternak di Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara menderita gizi buruk karena kuantitas dan kualitas pakan ternak yang minim. 

"Hasil tinjauan kami dari tim  Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP), kekurangan pakan menyebabkan kekurangan gizi bagi ternak di Tuapejat, sehingga perlu diperbaiki. Bibit bisa diminta ke BPTU PadangMengatas," ujar Heru  Rahmoyo Erlangga, Peneliti dari BPTP Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), Selasa (16/4/2019).

Oleh sebab itu, kata Heru, perlu ditingkatkan kuantitas dan kualitasnya dengan menambah pakan unggul, rumput unggul seperti rumput gajah mini, dan rumput lainnya yang bisa ditanam di Mentawai. 

Ia mengatakan bahwa perkembangan ternak tidak cukup hanya dengan mengandalkan rumput yang ada.

"Selain itu perlu pakan tambahan yang difermentasi, amoniasi, sehingga protein lebih banyak lagi," imbuhnya. 

Saat ini, di Balai Benih Utama (BBU) di desa Sipora jaya sudah ada Pakan lokal yang ditanami rumput unggul seperti rumput gajah namun jumlahnya belum maksimal. 

Untuk proses fermentasi, kata Heru, dapat dilakukan secara sederhana dengan drum plastik menggunakan ampas dari olahan sagu, dari cacahan batang pisang, bahan-bahan biologis lainnya yang difermentasi beberapa hari. 

"Melihat potensi alam di Mentawai, proses fermentasi bisa menggunakan sagu, pisang, jerami padi dan kearifan lokal lainnya," paparnya. 

Ia berharap penyuluh pertanian lapangan (PPL) lebih aktif lagi untuk meningkatkan produktivitas petani dan peternak. 

Ia mengatakan bahwa potensi peningkatan produktivitas pertanian di Mentawai cukup besar dengan melakukan integrasi antara tanaman dengan ternak sehingga saling menguntungkan dan kemanfaatannya bisa lebih optimal.

Hasil limbah ternak berupa urine dan kotoran padat bisa menjadi pupuk bagi tanaman dan hasil limbah tanaman bisa digunakan sebagai pakan tambahan bagi ternak.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga