BPJS Kesehatan Bukittinggi Bayarkan Rp199,2 Miliar Tunggakan Rumah Sakit

BPJS Kesehatan Bukittinggi Bayarkan Rp1992 Miliar Tunggakan Rumah Sakit Kepala BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi Yessy Rahimi

Covesia.com - Kantor cabang BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Kesehatan kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) membayar tunggakan rumah sakit sebesar Rp 199,2 miliar lebih.

"Tunggakan pembayaran rumah sakit oleh BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi mencapai Rp 199.219.456.599," kata Kepala BPJS Kesehatan cabang Bukittinggi, Yessy Rahimi dalam konferensi pers, Selasa (16/4/2019) di Bukittinggi.

Ia menjelaskan khusus wilayah kerja kantor cabang Bukittinggi terdapat 130 FKTP (Fasilitas kesehatan tingkat pertama) dan 15 FKRTL (Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut) yang telah dibayarkan dana kapitasi dan tagihan klaimnya oleh BPJS Kesehatan.

"Biaya itu dibayarkan untuk pembayaran  bulan Januari hingga April 2019 untuk 5 kabupaten kota wilayah kerja BPJS cabang Bukittinggi meliputi, kota Bukittinggi, Agam, Padang Panjang, Pasaman dan Pasaman Barat," jelasnya. 

Ia menyebutkan kota Bukittinggi lebih mendominan pembayaran karena banyaknya rumah sakit yang ada di daerah itu, karena banyak pasien yang dirujuk ke rumah sakit di Bukittinggi.

"Selanjutnya Kabupaten Agam yang juga di dominasi penduduknya banyak, kemudian Pasaman, Pasaman Barat dan kota Padang Panjang," sebutnya. 

Ia menerangkan untuk rincian pembayaran diantaranya pembayaran puskesmas sebesar Rp 23,6 milyar, rawat inap, persalinan, dan lainnya sebesar Rp 4,5 milyar,  pembayaran rumah sakit sebesar Rp 171 miliar.

"Di Bukittinggi jumlah pembayaran lebih besar diantaranya pembayaran Rumah sakit stroke mencapai Rp 3 milyar,  RSAM (Rumah Sakit Ahmad Muchtar) mencapai Rp 7 sampai Rp 8 miliar," terangnya.  

(deb)


Berita Terkait

Baca Juga