Nyatakan Sikap Dukung Pemilu Bersih, SEMMI Sumbar Kecam Praktek Politik Uang

Nyatakan Sikap Dukung Pemilu Bersih SEMMI Sumbar Kecam Praktek Politik Uang (Ist)

Covesia.com - Serikat Mahasiswa Muslim Indonesia (SEMMI) Sumatera Barat (Sumbar) lakukan  pernyatakan sikap serta  siap ikut serta  mengawasi jalannya proses pemilihan suara di Sumatera barat.

Ketua SEMMI Sumbar Afdhal Dinilhaq mengatakan, pemilu adalah wujud dari implementasi dari pengejawantahan hak rakyat sebagai pemegang kedaulatan untuk mencapai cita-cita dan tujuan berbangsa dan bernegara.

“Sejak reformasi,  negeri ini telah menyepakati sistem demokrasi yang multi partai, secara tidak langsung kita sudah mengadopsi sistem Demokrasi Liberal yang sebetulnya belum siap dengan kultur di Indonesia, meski demikian ini sudah menjadi kesempatan untuk dijalankan,” ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Selasa, (16/4/2019).

Dengan ketentuan tersebut pihaknya menyatakan sikap yaitunya meminta seluruh pihak untuk dapat menghormati hak-hak rakyat secara independen serta mengecam tindakan intidasi baikdengan cara kotor, kekerasan maupun politik uang atau imbalan. “ Kita menghimbau Kader SEMMI dan seluruh masyarakat untuk ikut serta mengawasi jalannya pemilu,” ulas Afdhal.

Tidak hanya itu pihaknya juga meminta masyarakat untuk menjadi pemilih yang Berintegritas dengan memilih paslon capres dan cawapres, serta caleg yang memiliki ide dan gagasan untuk kesejahteraan masyarakat, sebab pilihan saat ini akan menentukan nasib bangsa 5 tahun kedepan. “SEMMI Sumatera Barat juga  Menuntut netralitas dari seluruh penyelenggara pemilu tidak terkecuali aparat keamanan serta ASN, tuturnya lagi.

Pihaknya juga meminta  kepada pihak yang terlibat dalam pesta demokrasi untuk bisa mematuhi ketentuan yang berlaku, untuk para elit politik kita berharap agar memberikan contoh teladan yang baik kepada seluruh generasi muda sebagai pewaris dan pelanjut kehidupan bangsa dan negara. “Ajari kami generasi muda cara-cara berpolitik yang santun sekaligus menghentikan kampanye terselubung dan mengantisipasi penyebaran berita bohong yang dapat merusak sendi-sendi persaudaraan, persatuan yang akan berdampak jangka panjang,“  ulasnya.

Untuk hasil pemilu nantinya Semmi Sumbar berharap kepada seluruh pihak untuk menerima hasil pemilihan baik bagi  yang kalah maupun yang menang. Jika ada ketidakpuasan dengan hasil pemilu tersebut, pihaknya berharap untuk bisa  menggunakan cara-cara yang santun sesuai dengan prosedur yang telah disepakati, ”Persatuan dan kesatuan jauh lebih penting, oleh karena itu kami meminta semua pihak lebih mengutamakan kepentingan berbangsa dan bernegara dari pada kepentingan pribadi kelompok, maupun golongan,” tegasnya.

(jhy)

Berita Terkait

Baca Juga