Wawako Pariaman Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan pada Generasi Muda

Wawako Pariaman Sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan pada Generasi Muda Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin Memberikan Kuis dalam mensosialisasikan empat pialr kebangsaan kepada anak muda Pariaman (Ist)

Covesia.com - Pemerintah kembali meneguhkan dan memperkuat komitmen terhadap empat konsensus dasar bernegara yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika. Komitmen itu penting diterapkan di tengah meredupnya keempat konsensus dasar bernegara itu akhir-akhir ini.

"Peneguhan empat konsensus ini relevan dilakukan kepada generasi muda karena memiliki tingkat urgensi yang tinggi agar banyaknya informasi yang masuk bisa mereka saring dengan pemahaman empat konsensus yang kuat," ujar Wakil Wali Kota Pariaman Mardison Mahyuddin, Selasa (16/4/2019). 

Kata Mardison, materi konsensus yang meliputi Pancasila, Konstitusi UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika yang dahulu keempat konsensus itu dikenal dengan empat pilar berbangsa dan bernegara, sejatinya memiliki ruang lingkup yang sangat luas dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Oleh karena itu, generasi muda kita harus memahami dasar bernegara ini. Kalau mereka tidak paham, tentu nantinya bangsa dan negara akan mudah bertukar haluan kalau tak ada pemahaman itu," katanya. 

Menurutnya, kegiatan-kegiatan berupa sosialisasi dan pembinaan berkala kesekolah-sekolah merupakan salah satu cara untuk menanamkan empat konsensus bernegara dikalangan generasi muda itu. 

"Lebih jauh dari itu kegiatan penanaman empat konsensus ini diharapkan dapat menanamkan rasa cinta tanah air, wawasan kebangsaan, memperkuat potensi integrasi bagi masyarakat serta rasa gotong royong," harapnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga