Warga Agam Resah, Populasi Kera meningkat Dan Serang Kebun Warga

Warga Agam Resah Populasi Kera meningkat Dan Serang Kebun Warga Ilustrasi Kawanan Kera

Covesia.com - Warga Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) resah, pasalnya hama kera kerap keluar dari hutan dan masuk kekebun dan  merusak tanaman.

Salah seorang masyarakat Dusun Kampung Parit Jorong III,  Garagahan, Edi Sabran (35) mengatakan beberapa bulan terakhir populasi hama kera terlihat meningkat. dengan cara bergerombol masuk ke kebun warga untuk mencari makan dan merusak tanaman.

"Bahkan ada yang menyerang sawah yang berada di tepi hutan, mereka mencabuti batang padi atau masuk ke sawah dan memakan buan padi  yang mulai menguning, "ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Senin, (15/1/1019).

Hal senada juga diungkapkan Candra Warga Labu Pacah Jorong IV Garagahan, populasi kera kerap terlihat makan tanaman, jengkol, petal dan merusak putik durian di kebun pinggir hutan.

" Kita sudah mencoba mengusir menggunakan anjing buruan atau menakut-nakuti dengan petasan dan senapan angin walau susah dihalau mereka tetap membandel dan kembali lagi," jelasnya.

Terkait hal itu pihaknya berharap adanya kegiatan  pengendalian hama kera dari pemerintah setempat. "2 tahun yang lalu  Perbakin Agam pernah mengadakan kegiatan pengendalian hama disini, itu sangat membantu masyarakat karena populasi kera menurun dan tidak merusak Kebun, kita berharap kegiatan itu bisa dilaksanakan kembali," harapnya.

(Johan Utoyo)

Berita Terkait

Baca Juga