Masa Tenang, Bawaslu Tertibkan APK di Kota Pariaman

Masa Tenang Bawaslu Tertibkan APK di Kota Pariaman Penertiban sejumlah APK di jalan Protokol Kota Pariaman, Minggu (14/4/2019) (Foto: Almurfi Syofyan)

Covesia.com - Memasuki masa tenang Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) dibantu polisi dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pariaman mulai menertibkan Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 yang terpasang diruang publik.

"Penertiban ini telah sesuai dengan PKPU nomor 32 tahun 2018 dan Perbawaslu nomor 28 tahun 2018 tentang pengawasan kampanye pemilu," ujar Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan dan Pencegahan Bawaslu Kota Pariaman, Elmahmudi, disela-sela penertiban, Minggu (14/4/2019).

Kata Elmahmudi, semua APK dan BK yang telah ditertibkan tersebut akan dibawa ke sekretariat Bawaslu Kota Pariaman di Jalan Sentot Ali Basa, Kelurahan Jati Hilir, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman untuk dilakukan pendataan dan penghitungan.

Meskipun telah melakukan penertiban, Elmahmudi masih belum bisa memastikan jumlah APK dan BK yang ditertibkan tersebut karena tim gabungan yang dibagi kedalam enam tim masih bekerja diseluruh wilayah Kota Pariaman hingga sore hari.

"Nanti sore usai penertiban akan kita rilis jumlahnya," katanya.

Sebelum melakukan penertiban, Bawaslu Kota Pariaman telah menyurati dan mengimbau semua peserta pemilu agar membersihkan APK dan BK miliknya yang terpasang diruang publik agar dibersihkan dengan cara mandiri.

Selain itu, Bawaslu juga mengimbau masyarakat Kota Pariaman untuk membersihkan stiker dan poster yang terpajang dirumahnya agar bersih dari APK dan BK yang ada.

"Ya, masyarakat juga kita dorong untuk membersihkan APK dan BK itu secara mandiri dilingkungan tempat tinggalnya," ulasnya.

( Almurfi Syofyan)

Berita Terkait

Baca Juga