Demi Keamanan, KPU Pariaman Distribusikan Logistik Pemilu H-1

Demi Keamanan KPU Pariaman Distribusikan Logistik Pemilu H1 Salah seorang petugas KPU saat melakukan pengecekan logistik pemilu di Kantor KPU Pariaman, Minggu (14/4/2019) (Foto: Almurfi Syofyan)

Covesia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pariaman, menargetkan pendistribusian logistik pemilihan umum (Pemilu) 2019 dilaksanakan H-1 pencoblosan, yakni Selasa (16/4/2019) mendatang.

"Itu kan karena wilayah kita cukup kecil yang terdiri dari empat kecamatan sehingga tidak terlalu memberatkan dalam hal distribusi logistik," ujar Ketua KPU Pariaman, Abrar Aziz, Minggu (14/4/2019).

Kata Abrar, pendistribusian logistik yang mulai dilakukan H-1 tersebut karena juga untuk menjaga keamanan logistik tersebut agar tidak terjadi hal-hal yang tidak di inginkan.

Abrar juga merinci, bahwa Jumat (12/4/2019) surat suara pengganti dari surat suara yang rusak telah tiba di Kantor KPU Pariaman sebanyak 6.559 lembar.

Ia mengatakan jumlah surat suara yang tiba dari Jakarta tersebut sesuai dengan permintaan KPU Pariaman sebagai pengganti surat suara yang rusak.

"Surat suara tersebut langsung disortir lalu dilipat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) desa dan kelurahan," jelasnya.

Pihaknya menargetkan pada Senin (15/4) penyortiran dan pengepakkan surat suara tersebut selesai sehingga Selasa pihaknya dapat mendistribusikan logistik Pemilu ke desa dan kelurahan.

Abrar mengatakan logistik Pemilu tersebut akan dibungkus dua kantong plastik dan dibawa dengan truk yang pendistribusian dikawal oleh pihak Badan Pengawasan Pemilihan Umum (Bawaslu) dan kepolisian setempat.

Pihaknya menyampaikan surat suara tersebut disimpan di kantor desa yang mana pada pagi harinya akan didistribusikan ke tempat pemungutan suara.

"Kalau untuk surat suara yang rusak, akan dimusnahkan dengan cara dibakar pada selasa dan akan disaksikan oleh Bawaslu, kepolisian, dan pemerintah pariaman," tutupnya.

Kontriburot Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga