Jaga Stabilitas Pangan Jelang Ramadan, Kemendag Sidak Pasar Bukittinggi

Jaga Stabilitas Pangan Jelang Ramadan Kemendag Sidak Pasar Bukittinggi Foto: Debi Kurnia

Covesia.com - Jaga stabilitas pangan jelang Ramadan, kementerian perdagangan RI melakukan sidak ke pasar tradisional Bukittinggi,  Sumatera Barat (Sumbar), Jumat (12/4/2019).

Kementrian Perdagangan yang diwakili Staf Ahli Menteri Perdagangan Bidang Hubungan Internasional, Dody Edward menyampaikan peninjauan dilakukan sebagai bagian dari pelaksanaan mandat Presiden untuk memeriksa kondisi fisik pasar maupun komoditas yang dijual, khususnya barang kebutuhan pokok. 

"Di mana pemerintah berkomitmen menjaga kestabilan harga pangan dan mengantisipasi peningkatan permintaan masyarakat terhadap bahan pokok di bulan puasa agar masyarakat dapat beribadah dengan tenang nantinya," ungkapnya. 

Ia menyebutkan, dari hasil sidak pasar itu sementara dapat disimpulkan bahwa saat ini pasokan bahan pokok dari penyuplai masih lancar dan kondisi stok masih mencukupi untuk kebutuhan puasa dan lebaran 2019.

"Termasuk juga untuk meninjau implementasi harga eceran tertinggi (HET) barang kebutuhan pokok. Secara umum, kebijakan HET sudah berjalan dengan baik terutama pada komoditas beras, gula pasir dan minyak goreng kemasan sederhana dan kenaikan harga belum nampak walaupun bulan ramadhan sudah dekat," tutupnya. 

(deb)

Berita Terkait

Baca Juga