Bawaslu Lakukan Pemetaan TPS Rawan di Bukittinggi

Bawaslu Lakukan Pemetaan TPS Rawan di Bukittinggi Foto: Bawaslu Bukittinggi

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar) melakukan pemetaan Tempat Pemungutan Suara (TPS) rawan di seluruh TPS yang ada di Bukittinggi.

Ketua Bawaslu Bukittinggi, Ruzy Hariadi mengatakan pihaknya saat ini tengah melakukan pemetaan TPS rawan di tiga kecamatan di Bukittinggi yakni kecamatan MKS, ABTB dan GGP. 

"Tim kita tengah melakukan pemetaan TPS rawan dengan empat variabel dan sepuluh induktor pemetaan TPS rawan," katanya, Jumat (12/4/2019).

Ia menjelaskan, empat variabel itu pertama meliputi penggunaan hak pilih atau hilang hak pilihnya dengan indikatornya terdapat pemilih DPTb dan DPK di TPS, TPS dekat rumah sakit, TPS dekat perguruan tinggi, TPS dekat lembaga pendidikan (pesantren atau asrama).

Kedua kampanye dengan indikator terdapat praktek pemberian uang atau barang pada masa kampanye di TPS, menghina atau menghujat di antara pemilih terkait isu agama, suku, ras dan golongan di sekitar TPS. 

"Ketiga netralitas dengan indikatornya petugas KPPS berkampanye untuk peserta pemilih dan keempat pemungutan suara dengan indikator TPS berada di dekat posko atau rumah tim kampanye," tuturnya. 

(deb) 

Berita Terkait

Baca Juga