Antisipasi Politik Uang, Bawaslu Mentawai Larang Kegiatan Kampanye pada Masa Tenang

Antisipasi Politik Uang Bawaslu Mentawai Larang Kegiatan Kampanye pada Masa Tenang Bawaslu Mentawai (Foto: Septin Rahayu)

Covesia.com - Bawaslu Kabupaten Kepulauan Mentawai mengimbau kepada peserta pemilu, caleg, dan tim pemenangan Pemilu-Pileg 2019 agar tidak melakukan kampanye pada masa tenang yaitu Minggu hingga selasa (14-16/4/2019). 

Hal tersebut dikatakan Perius Sabaggalet usai apel patroli Pengawasan anti politik uang di halaman kantor Bawaslu Kepulauan Mentawai, jumat (12/4/2019) sesuai instruksi Bawaslu RI melalui Bawaslu Provinsi. 

"Pada masa tenang tidak ada lagi peserta pemilu atau tim kampanye yang melaksanakan kampanye. Jangan sampai terjadi pelanggaran. Jika kami temukan, akan diproses sesuai aturan," ujar Perius. 

Ia mengatakan bahwa patroli pengawasan anti politik uang dilakukan pada masa tenang, siang dan malam bersama tim yang terbentuk dari unsur Bawaslu, Panwaslu, Kesbangpol, Satuan Pol PP, Polri, dan TNI, serta stakeholder terkait. 

"Patrolinya kita lakukan di seluruh kecamatan, desa maupun dusun. Bisa saja berkonvoi, atau dibagi beberapa tim," imbuhnya. 

Ia menyatakan aksi kampanye pada masa tenang dilarang untuk mengantisipasi adanya money politic dan kegiatan yang menyalahi aturan menjelang hari H Pemilu. 

Ia berharap pada Pemilu Pileg 17 april mendatang, proses pencoblosan dan penghitungan surat suara dapat terlaksana dengan lancar, aman, dan tertib. 

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga