Selama Masa Tenang Pemilu, Bawaslu Pessel Kerahkan Tim Patroli

Selama Masa Tenang Pemilu Bawaslu Pessel Kerahkan Tim Patroli Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison

Covesia.com - Badan Pengawasan Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) akan mengerahkan tim patroli selama masa tenang kampanye yang ditetapkan pada tanggal 14-17 april 2019.

"Tim Patroli yang dibentuk oleh Bawaslu Pessel guna mensterilkan kondisi agar tidak adanya lagi, indikasi kampanye dari peserta pemilu. Karena waktu dan kesempatan untuk kampanye bagi peserta pemilu sudah ditetapkan sesuai Undang-Undang," kata Ketua Bawaslu Pessel, Erman Wadison, Kamis (11/4/2019)

Dijelasknanya, tim patroli dibentuk di setiap kecamatan yang ada di daerahnya. Hal itu, dilakukan guna melakukan pencegahan terhadap indikasi pelanggaran-pelanggaran pemilu.

"Selama masa tenang, tim bakal memantau selama 24 jam. Dalam tim pengawasan kita melibatkan Panwascam, Pengawas Nagari hingga kelurahan. Dan tim patroli akan mengawasi hingga hari pemungutan suara nantinya," jelasnya.

Menurutnya, pengawasan dengan menggunakan tim patroli dapat mencegah cara politik yang tidak sehat, seperti, praktik politik uang, hoaks dan juga SARA.

"Selain itu, kita bakal kawal semua bentuk pelanggaran pemilu nantinya, apapun itu bentuknya," ujarnya.

Pada 12 april pihaknya akan melakukan apel patroli pengawasan dan pada tanggal 14 pihaknya sudah mulai bergerak melakukan pengawasan di daerah tersebut.

"Terkait hal itu, kita juga mengharapkan keterlibatan seluruh elemen untuk melakukan pengawasan. Nantinya, apa bila ada indikasi pelanggaran langsung laporkan, karena selama 24 jam kita siaga menerima laporan dan bakal kita proses," pungkasnya Erman.

Reporter Pessel: Indra Yen Putra

Berita Terkait

Baca Juga