BKSDA Terima Elang dari Warga Maninjau Agam

BKSDA Terima Elang dari Warga Maninjau Agam Foto: istimewa

Covesia.com - Balai Konservasi Sumber Daya (BKSDA) Resor Agam, Sumbar kembali terima satwa dilindungi jenis Elang (Haliaeetus leucosgaster) dari Suparto (60) warga Jorong Bancah Balok Nagari Maninjau Kecamatan Tanjung Raya, Kamis(11/4/2019).

Unit pengendali ekosistem Hutan (PEH) BKSDA Agam, Ade Putra mengatakan burung elang tersebut ditemukan terperangkap di jaring Keramba Jaring Apung (KJA) di Danau Maninjau. Kemudian, dibawa pulang untuk dirawat karena sayapnya terluka.

"Kita berterima kasih kepada masyarakat yang bersedia menyerahkan hewan yang dilindungi kepada BKSDA. Elang ini akan kita rawat dan jika sudah sembuh akan diterbangkan kembali ke habitatnya," ujarnya.

BKSDA juga mengingatkan masyarakat tentang pentingnya menjaga kelestarian satwa dilindungi. 

"Kepada masyarakat kita selalu mengingatkan untuk tidak mengganggu atau menangkap hewan yang dilindungi undang-undang, serta memberikan informasi jika melihat ada warga yang menguasai salah satu hewan tersebut," katanya.

Sebelumnya, beberapa bulan lalu tidak jauh dari lokasi, BKSDA Agam juga menerima 3 ekor satwa dilindungi jenis kucing hutan yang ditemukan di kebun warga.

"Kesadaran masyarakat cukup tinggi, itu terlihat dari puluhan hewan dari beebagai jenis yang dilindungi sudah mereka serahkan," katanya.

(han/rdk)

Berita Terkait

Baca Juga