6 Bulan Rusak, Masyarakat Palembayan Agam Goro Perbaiki Telaga Aia Mondak

6 Bulan Rusak Masyarakat Palembayan Agam Goro Perbaiki Telaga Aia Mondak Masyarakat Palembayan Agam Goro Perbaiki Telaga Aia Mondak, Rabu (10/4/2019)

Covesia.com - Pasca rusak akibat pohon tumbang beberapa bulan yang lalu, masyarakat Nagari IV Koto, dan Nagari Sungai Pua, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) lakukan gotong royong, Rabu (10/4/2019).

Tokoh masyarakat setempat Ar Yutinof mengatakan, perbaikan telaga itu sesuai kesepakatan bersama seluruh unsur masyarakat untuk mencukupi kebutuhan air baik untuk sehari hari maupun irigasi pertanian.

"Telaga air Mondak rusak 5 bulan terakhir, sehingga pasokan air untuk sawah terganggu dan membuat masyarakat gagal mengolah lahan pertanian, ini tidak bisa dibiarkan berlarut-larut harus segera diperbaiki," ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com.

Dijelaskan Ar Yutinof, perbaikan tersebut dilakukan secara swadya dengan cara mengumpulkan sumbangan dan bantuan dari para perantau. "Alhamdulillah para perantau juga ikut berpartisipasi membangun nagari sehingga perbaikan bisa segera dilaksanakan," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan telaga Aia mondak merupakan sumber air terbesar di nagari Sungai Pua dan IV Koto, Kecamatan Palembayan, selain itu kawasan tersebut juga memiliki potensi sebagai kawasan wisata.

Namun, pada akhir 2018 silam 1 pohon berukuran besar yang tumbuh di salah satu sisi telaga tumbang dan merusak tanggul penahan air. Akibat peristiwa itu setidaknya 118 hektare sawah masyarakat di Nagari IV Koto dan Sungai Pua tidak teraliri air dan gagal panen.

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga