Bawaslu Pessel Libatkan Mahasiswa dan Awak Media dalam Pengawasan Pemilu 2019

Bawaslu Pessel Libatkan Mahasiswa dan Awak Media dalam Pengawasan Pemilu 2019 Kegiatan Sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi Tentang pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, Rabu (10/4/2019)(Foto: Indrayen)

Covesia.com - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) melibatkan mahasiswa dan awak media dalam melakukan pengawasan pemilu mendatang di daerah tersebut.

Hal itu, dilakukan dalam sosialisasi fasilitasi, publikasi dan dokumentasi oleh Bawaslu setempat. Tentang pengawasan pemilu dalam rangka pemilihan anggota DPR, DPD, DPRD serta pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Dalam sosialisasi tersebut, dihadiri sebanyak 50 orang peserta diantaranya sekitar 30 orang dari mahasiswa daerah tersebut dan sekitar puluhan wartawan yang bertugas di wilayah setempat. Dan juga menayangkan film dokumenter terkait proses dan cara pelaksanaan selama proses pencoblosan di TPS.  

Komisioner Bawaslu Pessel, Divisi Penindakan dan Pelanggaran, Nurmaidi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memaksimalkan peran Bawaslu saat pemilu. Demi terwujudnya pesta demokrasi damai dan badunsanak di daerah itu.

"Selain itu, kegiatan ini juga dapat membantu kita dalam melakukan pengawasan saat berlangsungnya pemilu nantinya. Jadi, dengan kerjasama seluruh kalangan dalam membantu mewujudkan pemilu demokratis nantinya," ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan melibatkan dan berperannya mahasiswa serta awak media. Dengan itu, pihaknya semakin bisa meningkatkan pemilu berkualitas dan terwujudnya profesionalisme bagi penyelenggara dan peserta pemilu.

"Maka dengan itu, kita sebagai penyelenggara baik dari Bawaslu sebagai pengawasan dan KPU sebagai pelaksana. Bisa semakin profesional selama pemilu nanti," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, sosialisasi tersus dilakukan pihaknya, demi mengurangi regulasi pelanggaran pemilu di daerah itu.

"Terlibatnya, masyarakat, mahasiswa, media kita bisa lebih inten mengawal pemilu dari indikasi pelanggaran. Baik dari pihak penyelenggara, tim sukses peserta dan lainnya," pungkasnya

Kontributor Pessel: Indrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga