Tingkatkan Ekonomi Masyarakat, Pemerintah Nagari Garagahan-Agam Salurkan 400 Bibit Kelapa

Tingkatkan Ekonomi Masyarakat Pemerintah Nagari GaragahanAgam Salurkan 400 Bibit Kelapa Foto: Covesia/ Johan Utoyo

Covesia.com - Pemerintah Nagari Garagahan, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam, provinsi Sumatera Barat (Sumbar) bagikan ratusan bibit kelapa kepada masyarakat.

Pj Walinagari Garagahan, Marliyus mengatakan program pembibitan tersebut untuk dilakukan oleh pemerintah nagari dengan tujuan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat serta mengembalikan marwah Lubuk Basung sebagai salah satu daerah penghasil kelapa terbesar kwalitas terbaik di Sumatera Barat.

"Untuk tahap awal ini kita menyalurkan 400 batang bibit kelapa hasil pembibitan dari pemerintah nagari pertengahan tahun 2018 kemari," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com Senin (25/3/2019).

Dikatakan Walinagari, saat ini produksi kelapa di Nagari Garagahan menurun itu disebabkan banyak masyarakat yang mengalihkan kebun kelapa menjadi tanaman sawit selain itu kelapa yang ada sekarang ini sudah banyak yang tua sehingga tidak produktif lagi.  

"Bibit kelapa yang dibagikan jenis kelapa hibrida berbatang pendek yang memiliki buah lebat dan sudah berbuah dalam waktu 5 tahun," jelasnya.

Menurutnya menanam kelapa sama dengan memiliki aset untuk jangka panjang karena tanaman yang satu ini bisa berumur puluhan tahun dan selalu berbuah karena bukan jenis tanaman musiman. 

"Kelapa merupakan bagian dalam masakan entah dijadikan santan atau minyak goreng, ia tidak membutuhkan banyak perawatan, selain itu usianya cukup lama sehingga terus bisa dinikmati oleh anak cucu," terangnya.

(han)


Berita Terkait

Baca Juga