BLK Padang Buka Masa Pendidikan Baru Angkatan II dengan 10 Program

BLK Padang Buka Masa Pendidikan Baru Angkatan II dengan 10 Program BLK Padang Buka Masa Pendidikan Baru Angkatan II dengan 10 Program, Kamis (21/3/2019)(Foto: BLK Padang)

Covesia.com - Balai Latihan Kerja (BLK) Padang melaksanakan pembukaan Pelatihan Berbasis Kompetensi Angkatan II di ruang pertemuan Maninjau BLK Padang, Kamis (21/3). Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Istri Wakil Gubernur Sumbar, BKOW Sumbar, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Sumbar, anggota Bhayangkari Polda Sumbar , dan BNI Cabang Padang. 

Pada pembukaan tersebut, ada 160 peserta didik baru untuk 10 program yang akan mengikuti pendidikan di BLK Padang sesuai dengan jurusan dan program yang diambilnya.

Pada kesempatan itu, Kepala BLK Padang Syamsi Hari, yang diwakili Kepala Seksi Penyelenggaraan Pelatihan, Riswanto mengungkapkan bahwa BLK Padang pada kesempatan ini telah membuka pelatihan angkatan II dan ada beberapa program baru yang dijalankan pada pelatihan kali ini.

"Kita memang memiliki program baru yakni dari Bisnis Manajemen itu yang baru adalah bahasa jepang, yang dari pariwisata yang tambahan baru barista , kalau yang di TIK yang barunya pemograman web dan desain grafis, kemudian yang untuk otomotif tambahan barunya di bidang injeksi karena selama ini belum ada," jelas Riswanto usai membuka kegiatan itu pada Kamis (21/3/2019) lalu.

Untuk peminat pada program baru tersebut ia menjelaskan, bahwa program baru ini peminatnya sangat banyak sekali, tapi ada beberapa hal yang sifatnya dipertimbangkan saat menerima peserta didik baru yaitu di bagian web programmer. 

Di bagian programmer,lanjutnya, peserta didik yang mendaftar harus ada dasar di bidang TIK, karena kalau tidak ada dasar itu akan sulit karena pembelajarannya menggunakan bahasa pemograman. 

Sementara, untuk injeksi biasanya dia harus punya dasar konvensional dahulu. Namun untuk program lainnya tetap memiliki standar seperti biasa, mereka tidak perlu punya dasar pelatihan yang sifatnya sebagai awal untuk mereka mengikuti hal tersebut, karena tidak ada masalah untuk itu.

"Untuk tenaga pendidik, kita sekarang bekerjasama dengan teman-teman dari praktisi, seperti kalau untuk programmer kita minta bantuan dari teman-teman praktisi yakni Politeknik. Selain itu, ada juga dari teman-teman kita yang mempunyai praktisi dari perusahaan software, sementara kalau untuk barista kita minta tolong dari praktisi yang juga paham tentunya dengan bidang barista juga. Untuk program sepeda motor kita bekerja sama dengan Yamaha dan kalau program bahasa jepang kita juga minta tolong kepada teman-teman praktisi yang sudah bekerja di bidang itu," ungkapnya.

Sementara itu, ada beberapa program baru yang direncanakan sejak dua tahun lalu untuk dibuka yakni yang berhubungan dengan dunia perfilman seperti Program untuk menjadi Aktris yaitu dengan kejuruan Acting, kemudian video editing, crew dalam dunia perfilman.

"Rencananya itu akan dibuka pada Triwulan Dua, sekarang ini masih Triwulan Satu jadi kemungkinan akan dibuka rencanananya pada Juni atau Juli nanti," katanya.

Ia mengharapkan, peserta didik dapat menjalankan pendidikan dengan sebaik-baiknya sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan sesuai dengan keinginan.

"Belajarlah dengan sungguh-sungguh karena program pendidikan ini disediakan BLK Padang hanya 25, 30, 40 hari yang menyesuaikan dengan program pendidikan yang diambil. Jika bisa belajar dengan sungguh-sungguh, tentu hasilnya akan membuat peserta didik bisa diterima kerja di tempat yang diinginkan hingga membuka tempat usaha sendiri," tuturnya.

(ril/don)

Berita Terkait

Baca Juga