Kurangi Resiko Bencana Tsunami, Daerah Pesisir Pantai di Sumbar Ditanami Pohon

Kurangi Resiko Bencana Tsunami Daerah Pesisir Pantai di Sumbar Ditanami Pohon Penanam pohon di kawasan pantai Simpang Gia, Kelurahan Parupuak Tabiang, Kecamatan Koto Tangah, Jumat (22/3/2019)(Foto: Humas)

Covesia.com - Sepanjang daerah pesisir pantai Sumatera Barat (Sumbar) bakal ditanami pohon. Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit mengatakan, penanaman pohon merupakan tindak lanjut dari kunjungan Kepala BNPB ke Sumbar.

Gerakan tanam sejuta pohon di gagas oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) dan saat ini sudah ada sekitar 3.000 pohon yang telah ditanam di Kota Padang.

"Ini tindak lanjut dari kedatangan Kepala BNPB Letjen Doni Monardo ke Sumbar beberapa waktu yang lalu. Ia juga berkunjung ke Mentawai," ujar Nasrul Abit di Padang, (22/3/2019).

Dikatakannya, untuk penananaman pohon bersama dilakukan dengan TNI dan Kepolisian.

"Pohon-pohon ini didatangkan dari Jawa, untuk jenisnya yaitu pohon cemara dan udang. Jenis pohon ini berguna untuk mitigasi bencana," sebutnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa, penanaman pohon akan dilakukan juga di daerah pesisir lainya, seperti Pesisir Selatan, Pasaman dan Kepulauan Mentawai.

"Tadi sudah ditanam pohon di kawasan pantai Simpang Gia Kota Padang, dan pohon-pohon tersebut juga sudah diberi pupuk Bio 44," sebutnya.

Sementara itu, secara terpisah Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, Edy Hasymi mengatakan, BPBD Kota Padang menargetkan sebanyak 6.000 pohon yang akan ditanam di sepanjang kawasan pantai.

"Untuk Kota Padang ditargetkan sekitar 6.000 pohon untuk menahan abrasi pantai dan hempasan gelombang laut  di sepanjang pantai," sebutnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga