TNI-Polri di Mentawai Siap Amankan Pemilu 2019

TNIPolri di Mentawai Siap Amankan Pemilu 2019 Simulasi pengamanan Pemilu di Mapolres Mentawai, Jumat (22/3/2019). Foto: Covesia/ Septin Rahayu

Covesia.com - Dalam rangka mengamankan pelaksanaan pemilu di seluruh TPS Mentawai, Polres Kepulauan Mentawai akan menurunkan sekira 300 personil dan 75 BKO dari Polda Sumbar serta dibantu oleh 76 personil TNI dari Kodim 0319 Mentawai, dan Linmas. 

“Ada sekira 630 personil yang akan mengamankan pemilu di Mentawai dari Polri, TNI, dan Linmas,” ujar Kapolres Kepulauan Mentawai, AKBP Hendri Yahya usai apel Operasi Mantap Brata di Mapolres Mentawai, Jumat (22/3). 

Ia mengatakan tujuan apel ini digelar sebagai bentuk sinergitas stakeholder terkait baik dari unsur Polri, TNI, KPU, Bawaslu, dan masyarakat untuk mewujudkan pemilu 2019 yang aman, sejuk, tertib, dan terkendali. 

Terkait daerah rawan terhadap adanya potensi aksi anarkis saat pemilu 2019, Polres Mentawai telah melakukan pemetaan daerah rawan satu (daerah terpencil sulit dijangkau), seperti wilayah Pagai dan Siberut barat, daerah rawan dua (rawan aksi anarkis) seperti di pusat kecamatan, dan daerah tiga - daerah yang tergolong aman. 

"Pada TPS yang tergolong daerah rawan satu, kita mengerahkan 1 anggota polisi untuk 1 TPS. Untuk daerah rawan dua harus dijaga 3 sampai 4 anggota polisi. Sedangkan untuk daerah aman kita mengerahkan 1 anggota polisi untuk 10 TPS," kata AKBP Hendri Yahya. 

Saat bersamaan, Dandim 0319 Mentawai, Letkol Czi Didid Yusnadi juga mengatakan telah menyiapkan personilnya untuk berjaga membantu pihak kepolisian dalam pelaksanaan pemilu 2019.

“Kita menyiapkan TNI di wilayah Tuapeijat sebanyak 30 personil, kemudian di 4 koramil masing-masing 10 personil, Mudah-mudahan bisa membackup tenaga Polri,” kata Letkol Czi Didit Yusnadi. 

Selain menggelar apel operasi Mantap brata, pihak kepolisan juga melakukan simulasi pengamanan menghadapi aksi anarkis masyarakat yang dapat  menganggu kamtibmas di Mapolres Kepulauan Mentawai.

Kontributor Mentawai: Kornelia Septin Rahayu

Berita Terkait

Baca Juga