Bunga Bangkai Raksasa di Agam Mekar, Tinggi Mencapai 3,25 Meter

Bunga Bangkai Raksasa di Agam Mekar Tinggi Mencapai 325 Meter Foto: BKSDA

Covesia.com - Tanaman langka jenis (Amorphophallus Titanum) atau bunga bangkai di Pandan, perbatasan Jorong Batang Palupuah - Jorong Sitingkai, Nagari Koto Rantang, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mekar secara sempurna dengan memiliki tinggi mencapai 3,25 Meter.

Kepala Balai Konservasi Sumber Daya Alam, (BKSDA) Resor Agam, Vera Ciko mengatakan, puncak mekar terjadi kamis (21/3/201) sore dengan ketinggian 3,25 Meter. "Kemarin kita memantau bunga bangkai, siangnya kelopak bunga sudah mengembang dan saat dipantau sore hari sudah mekar sempurna, "ujarnya saat di konfirmasi Covesia.com Jum'at (22/3/2019).

Dijelaskan Vera Ciko, bunga bangkai tersebut akan mekar sempurna selama 2 hari kedepan kemudian puncaknya akan patah dengan sempurna diiringi warna yang mulai menghitam. " Jika ingin melihat bunga bangkai sedang mekar hari kamis hingga minggu adalah moment yang tepat jika telat bunga sudah mulai membusuk, rencananya siang ini kita akan kembali kesana, "ulasnya.

Guna menjaga bunga, pihaknya sudah memasang pagar pembatas serta plang larangan agar pengunjung untuk tidak mengganggu bunga. 

Sementara itu salah seorang warga Heru (23) menuturkan, kemunculan bunga langka itu menjadi daya tarik wisatawan berkunjung ke daerahnya, semenjak ditemukan pertengahan Februari lalu, ratusan wisatawan lokal maupun mancanegara datang kesana. "Saat menuju lokasi kita menghimbau agar pengunjing tidak melewati pagar pembatas dan mengganggu ataupun menyentuhnya, "jelas Heru.

Dikatakan Heru, pertengahan tahun 2018 bunga bangkai jenis sama juga pernah tumbuh disana, namun salah seorang turis mancanegara menusuk batang bunga dengan ranting kayu. "Kita tidak ingin peristiwa serupa terulang kembali jadi pengawasan akan ditingkatkan, "tutupnya.

(han/adi)

Berita Terkait

Baca Juga