Kementerian PUPR Bangun Batu Penahan Abrasi di Muara Kandis Pesisir Selatan

Kementerian PUPR Bangun Batu Penahan Abrasi di Muara Kandis Pesisir Selatan Ilustrasi pembangunana batu penahan ombak (Foto: rri.co.id)

Covesia.com - Peletakkan batu pertama pengerjaan pembangunan batu penahan ombak di Nagari Muara Kandis, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) yang dianggarkan oleh Pemerintah Pusat, pada Kamis (21/3/2019)

Peletakkan batu pertama dilakukan secara simbolis oleh Bupati Pessel Hendrajoni dan juga hadiri langsung dalam kegiatan tersebut, Balai Besar Sungai wilayah V Sumatera Barat, serta Dinas Pekerjaan Umum Peseel, Dandim 0311/Pessel dan beberapa OPD dan juga tokoh masyarakat setempat.

"Anggaran batu penahan ombak di daerah setempat adalah bantuan Pemerintahan Pusat. Dimana diberikan langsung oleh Kementrian PUPR, dengan besar anggaran RP 7,9 miliar," sebut Bupati Pessel Hendrajoni pada Covesia.com saat dilokasi.

Dijelaskannya Bupati, dari anggran Rp7,9 miliar bantuan dari pusat tersebut untuk membangun batu penahan ombak di Muara Kandis yang terdampak abrasi pantai beberapa waktu lalu dengan panjang 400 meter.

"Abrasi yang terus mengikis pantai muara kandis sudah terjadi semenjak tahun 2009 lalu dan sudah menghancurkan sekitar puluhan rumah nelayan setempat. Dan pembangunan ini bakal selesai selama 4 terhitung dari hari ini," jelasnya Bupati

Menurut Bupati, melihat kondisi abrasi pantai makin membahayakan di sepanjang bibir pantai di daerahnya. Ia berupaya membuat proposal dan menghadap kepada Presiden RI dan ia disarankan segera masukkan proposal ke menteri PUPR.

"Alhamdulillah, berkat bantuan dari pusat secara berlahan kita bisa membangun Pessel dan menyelesaikan beberapa persoalan. Karna, jika kita mengandalkan dana dari APBD saja itu sangat nihil. Sebab, dana APBD kita sangat kecil," ujarnya Bupati

Lanjutnya, selain pantai muara kandis yang terdampak abrasi beberapa pantai lainnya, sperti di Ampiang Parak, Kecamatan Sutera juga akan di buatkan batu penahan ombak. Dan itu juga bantuan dari pusat sekitar 3 miliar.

"Sesuai dengan fokus program dana strategis untuk Pessel sendiri pemerintah pusat mentargetkan hingga 2024 mendatang. Itu, rata-rata untuk pembangunan infrastruktur dan lainnya," pungkas Bupati.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga