Tergugat Dua Kali Tidak Hadir, Hakim Kembali Undur Sidang Gugatan LBH Padang Bulan Depan

Tergugat Dua Kali Tidak Hadir Hakim Kembali Undur Sidang Gugatan LBH Padang Bulan Depan Dua Kali Tidak Hadir, Sidang Gugatan LBH Terhadap Gubernur Sumbar Diundur Bulan Depan, Kamis (21/3/2019)

Covesia.com - Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Padang Rusdianto, terpaksa menunda sidang gugatan yang diajukan oleh Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Padang terhdap PT. Geominex Sapek dan Gubernur Sumatera Barat.

Penundaan sidang dilakukan lantaran tergugat I PT. Geominex Sapek dan tergugat II Gubernur Sumatera Barat tidak hadir dalam ruangan sidang yang sebelumnya telah dijadwalkan hari ini dengan agenda pembacaan gugatan dari penggugat. 

"Ini pemanggilan sudah dua kali bagi tergugat PT. Geominex Sapek dan tergugat II Gubernur Sumatera Barat, karena tidak hadir sidang ditunda bulan depan," ujar Rusdianto Kamis, (21/3/2019). 

Selain itu, ia juga meminta penggugat untuk memperbaiki gugatan. menurutnya, setelah dilakukan observasi oleh pengadilan ternyata tergugat I sudah pindah alamat. 

"Pengakuan RT dan Lurah setempat, tergugat I sudah pindah dan ini harus diperbaiki oleh penggugat," sebutnya.

Sementara itu, Aldi Harbi dari LBH Padang mengatakan, seharusnya sidang hari ini pembacaan gugatan dari LBH Padang. Namun karena PT. Geominex Sapek dan Gubernur Sumatera Barat tidak hadir sidang ditunda hingga 25 April mendatang.  

"Tadi sudah disebutkan oleh majelis Hakim akan ada panggilan umum untuk bagi tergugat," sebutnya. 

Dikatakan Aldi Harbi, gugatan yang diajukan LBH terkait reklamasi pasca tambang yang harus dilakukan oleh PT. Geominex Sapek.

"LBH menuntut perusahan untuk melakukan reklamasi terhadap bekas tambang dan Gubernur Sumbar untuk mengawasi prosesnya," sebutnya. 

Sementara itu, Plt Kepala Biro Hukum Setda Provinsi Sumbar Azmeiyeda Makmur mengatakan, ia sudah hadir di PN Padang sejak pukul 10.00 WIB, namun tidak ada pemanggilan terhadap dirinya selaku kuasa hukum tergugat II Gubernur Sumbar.

"Kita pihak tergugat sudah datang, tapi tidak ada dipanggil tadi, tapi katanya akan dipanggil lagi untuk sidang selanjutnya," ujarnya.

Sidang gugatan perdata nomor perkara 27/Pdt.G/2019/PN Pdg, majelis hakim terdiri dari Rusdianto, SH., MH. selaku hakim ketua dan Dr. Jonlar Purba, SH., MH. serta Agnes Sinaga, SH., MH. masing-masing sebagai hakim anggota I dan hakim anggota II.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga