Pemko Pariaman Terima 25 Ribu Bibit Pisang Jantan dari Pemprov Sumbar

Pemko Pariaman Terima 25 Ribu Bibit Pisang Jantan dari Pemprov Sumbar Ilustrasi bibit pisang jantan (Foto: pohonrindang.com)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mendapatkan alokasi tanaman varietas pisang jantan sebanyak 25 ribu bibit dari Dinas Tanaman Pangan Hortikultura Perkebunan Sumatera Barat.

"Bibit sebanyak 25 ribu itu cakupan lahannya jika ditanam mencapai 40 hektar," ujar Wali Kota Pariaman, Genius Umar, kepada Covesia.com, Rabu (20/3/2019).

Kata dia, untuk menindak lanjuti bantuan 25 ribu bibit pisang jantan itu, pihaknya melalui Dinas Pertanian, Pangan, dan Perikanan Kota Pariaman telah menyiapkan Calon Petani Calon Lahan  (CPCL) yang berasal dari pelaku usaha pisang.

"Petani kita dibantu bibit untuk satu hektar sebanyak 625 batang, selain itu bantuan juga berupa pupuk kimia dan pupuk kompos", katanya.

Menurunya, potensi dan lahan yang ada di Kota Pariaman sebanyak 40 hektar itu akan dibagi di dua kecamatan dengan masing-masing kelompok mendapat 2 hingga 5 hektar.

"Dua Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pariaman Timur dengan tiga kelompok tani yaitu Tabing Indah, Bungo Sejahtera, dan Jaya Bersama," tambahnya.

"Untuk Kecamatan Pariaman Utara, sebanyak 11 Kelompok Tani diantaranya Hulu Sikijang I, Andesik, Rambai Sakato, KWT Bunda Sejahtera, Tunas Harapan I, Andestura, Serumpun, Tunas Harapan II, Jembatan Baru, KWT Tunas Harapan I, dan Tunas Muda”, ujarnya.

Saat ini, Kota Pariaman sebelumnya sudah memiliki kebun induk  yang sudah disertifikasi yang terdapat di Sikapak Barat atas nama Jumadil Asri dan Sungai Rambai atas nama Saharman.

"Kota Pariaman merupakan satu-satunya pemasok pisang jantan  untuk kabupaten/kota yang ada di Sumatera Barat bahkan sampai di luar provinsi", tukasnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga