Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pessel Bantu 1.420 Ekor Itik untuk 71 Keluarga

Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Pessel Bantu 1420 Ekor Itik untuk 71 Keluarga Penyerahan Bantuan Itik kepada masyarakat secara simbolis di Kampuang Gantiang Kubang, Kecamatan Kambang Utara, Lengayang Pessel (Indrayen)

Covesia.com - Dinas Perternakan dan Kesehatan Hewan, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) memberikan 1.420 ekor itik pada 71 keluarga di Kenagarian Kambang Utara, Kecamatan Lengayang di daerah tersebut.

"Dari total 71 keluarga yang menerima bantuan itik. Pihaknya berharap dapat membantu mengenjot atau mendorong perekonomian keluarga di kampung tersebut," ungkapnya Hazrita Kepala Dinas Perternakkan dan Kesehatan Hewan Pessel pada Covesia.com, Selasa (19/3/2019).

Dijelaskannya, bantuan itik tersebut diberikan kepada masing-masing keluarga sebanyak 20 ekor. Dimana 18 ekor terdiri dari itik betina dan 2 dari itik jantan.

Selain bantuan itik, pihaknya juga memberikan alat atau mesin untuk menetaskan telur itik sebanyak 4 unit mesin.

"Keempat mesin diuntukkan pada empat kelompok ternak yang berada di nagari tersebut. Peruntukkan mesin kita berikan agar keluarga juga bisa mengembangkan itik-itik tersebut menjadi lebih banyak," jelasnya.

Menurutnya, dengan ada bantuan berupa itik dan alat penetas telur. Itu dapat mengenjot ekonomi keluarga mereka. Sebab, selain bisa meraup hasil dari telur dengan mengembangkan itik juga bisa menambah hasil pendapatan mereka.

"Jadi, selain bisa menghasilkan uang dari telur itik yang dijualnya. Keluarga tersebut juga bisa menjual anak-anak itik yang sudah ditetaskan dari mesin yang diberikan, dengan itu, penghasilan keluarga juga bertambah," ujarnya.

Lanjutnya, selain dari beberapa bantuan yang diberikan, pihaknya juga memberikan pelatihan kepada masyarakat. Untuk membuat telur asin itik.

"Kita memfokuskan produksi telur itik asin tidak hanya di produksi oleh masyarakat dari Kecamatan Bayang saja. Tapi melalui progres ini kita menginginkan setiap kecamatan yang ada di Pessel memiliki produksi telur asin. Dan untuk pasarnya telah kita sediakan. Dan hal tersebut sangat menjanjikan untuk meraup hasil dari itik," pungkasnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga