Disdukcapil: Ada Empat WNA Asal Negara Banglades dan Malaysia di Pessel

Disdukcapil Ada Empat WNA Asal Negara Banglades dan Malaysia di Pessel Ilustrasi (Dok. covesia)

Covesia.com - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil ( Disdukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) mencatat jumlah Warga Negara Asing (WNA) yang berada di daerah itu, berjumlah empat orang.

”Empat WNA yang kita temukan dua diantaranya warga negara Banglades dan duanya lagi dari Malaysia,” sebut Sekretaris Disdukcapil Pesisir Selatan, Masril pada Covesia.com, Jumat (15/3/2019).

Dijelaskannya, sebelum ini pihaknya menemukan WNA asal Banglades yang berdomisili di Kecamatan Air Pura dan saat ini ditemukanya lagi dua dari Malaysia yang berdomisili di Kecamatan IV Jurai.

"Saat ini empat WNA yang kita temukan telah mengajukan surat permohonan pada kita. Untuk masuk dan tercatat sebagai penduduk Indonesia," jelasnya.

Ia menambahkan, dari keempat WNA yang berada di daerahnya. Masing-masing mereka telah memiliki Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap) yang dikeluarkan langsung oleh Kantor Imigrasi Padang.

"Karna setiap administrasi yang dibutuhkan sesuai dengan syarat yang dibutuhkan ke empatnya lengkap. Jadi untuk permohonanya bisa kita terima," ujarnya.

Lebih lanjut ia mengatakan, memberikan izin yang diberikan oleh Imigrasi terhadap WNA sudah sesuai dengan UUD No 32 Tahun 2006 diubah oleh Undang - Undang No 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan.

Dimana dijelaskannya, pada pasal 1 bagian umum menerangkan bahwa penduduk WNA ataupun WNI tetap berdomisili sepanjang Kartu Izin Tinggal Tetap (Kitap) berlaku. Maka,  bersangkutan bisa mengajukan permohonan diri untuk menjadi penduduk Indonesia.

"Karna mereka memenuhi syarat administrasi yang sesuai dengan UUD. Kempat yang berada didaerah kita, telah masuk dalam data base Disdukcapil kita dan telah memiliki Kartu Keluarga (KK). Namun, saat ini kita masih belum mengeluarkan E-Ktp untuk mereka, berdasarkan berbagai pertimbangan," pungkasnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra


Berita Terkait

Baca Juga