Orasi Kebangsaan di UMSB, Panglima Ajak Mahasiswa Antusias Jadi Prajurit

Orasi Kebangsaan di UMSB Panglima Ajak Mahasiswa Antusias Jadi Prajurit Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, saat orasi kebangsaannya di UMSB Padang, Kamis (14/3/2019)(Foto: Covesia/ Fadil)

Covesia.com - Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto bersama Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian melakukan serangkaian kegiatan kunjungan kerja ke Sumatera Barat (Sumbar), Kamis (14/3/2019). Mereka tiba sekitar pukul 10.30 WIB di Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB). 

Dalam lawatannya ke kampus UMSB, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyemangati mahasiswa agar setelah tamat mengikuti jenjang karir di dunia militer. Sebab, menurutnya, selain mengabdi, sarjana juga berkontribusi terhadap pendidikan anak bangsa di wilayah perbatasan.

"Mahasiswa nanti bisa mengabdikan dirinya kepada negara, selain itu jika masuk dunia militer apakah itu TNI atau Polri, sarjana juga bisa mengajar di daerah perbatasan nantinya. Adek-adek selepas ini nanti bisa melanjutkannya," ujar Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Kamis (14/3/2019). 

Menurutnya, ada kelebihan tersendiri jika yang mengikuti pendidikan militer tersebut merupakan seorang sarjana. Dengan keilmuan yang dimiliki saat jenjang S1, ia bisa menyebarkannya kepada generasi muda yang ada di daerah timur. 

"Kalau sarjana akan mengabdi di daerah perbatasan. Apalagi mahasiswa UMSB ini, selain memiliki ilmu pendidikan, pertanian dan kesehatan, ia pintar ngaji pula dan bisa mencerdaskan masyarakat," bebernya. 

Selain menyemangati ratusan mahasiswa UMSB, ia juga bernostalgia lantaran teringat saat berkunjung ke kampus Universitas Muhammadiyah Malang 30 tahun silam.

Menurutnya, jika memasuki kampus Muhammadiyah ia teringat saat itu pergi menjemput salah seorang mahasiswi Muhammadiyah yang sekarang menjadi istrinya. 

"Jika berada di sini (UMSB), saya teringat waktu menjemput mahasiswi Muhammadiyah dengan bemo waktu itu," ujarnya sambil tertawa. 

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga