Dua Unit Baterai EWS di Agam Dibongkar Maling

Dua Unit Baterai EWS di Agam Dibongkar Maling Ilustrasi (Pixabay)

Covesia.com - Dalam satu malam 2 unit Early Warning Sistem (EWS) yakninya di Jorong Gasan Kaciak dan banda Gadang Nagari Tiku Selatan, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) dibongkar maling, peristiwa itu baru diketahui, Selasa (12/3/2019) sekitar pukul 21.00 Wib.

Wali Jorong Gasan Kaciak, Jetria Joni mengatakan hilangnya baterai EWS tersebut diketahui pertama kali oleh Penjaga Puskesmas setempat, saat melakukan patroli ia melihat kotak baterai sudah terbuka, melihat peristiwa tersebut ia langsung melaporkan kepada Wali Jorong.

"Penjaga Puskesmas melihat kotak EWS terbuka kemudian melaporkan kepada saya, barulah saya memberi tahu BPBD Agam, saat diperiksa sepertinya dibongkar paksa dan baterainya sudah tidak ada lagi, kemudian dilanjutkan memeriksa ke lokasi lainnya ternyata baterai EWS di Jorong Banda Gadang juga hilang," ujarnya saat dikonfirmasi Covesia.com, Kamis (14/3/2019).

Sementara itu Kalaksa Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Agam, M Luthfi membenarkan hal tersebut pihaknya sudah melaporkan ke Polsek Tanjung Mutiara untuk ditindak lanjuti. 

"Kita sudah memberikan laporan kehilangan kepada Polisi saat ini sedang dalam proses penyelidikan," lanjutnya.

Saat ini BPBD agam sudah memesan kembali baterai EWS dan dalam 3 hari kedepan dikirimkan ke Agam dan akan langsung  dipasang kembali.

"Untuk 1 baterai diperkirakan Rp3 juta, kemarin langsung kita pesan dan jika sudah sampai segera kita pasang," tuturnya.

Belajar dari hal tersebut pihaknya akan meningkatkan pengawasan dan penjagaan serta membuat kotak lebih sulit dijangkau dan di buka. 

"Sebagai bahan evaluasi kita akan meletakan kotak EWS ke tempat yang lebih tinggi serta tidak muda dibuka hilangnya Baterai EWS menjadi catatan penting jangan sampai hal serupa terjadi kembali," tutupnya. 

(han/don)

Berita Terkait

Baca Juga