Pembangunan Akan Dimulai, Pasar Pariaman Mulai Dirobohkan

Pembangunan Akan Dimulai Pasar Pariaman Mulai Dirobohkan Tampak satu unit alat berat dikerahkan untuk merobohkan bangunan pasar yang akan dibangun ulang pada April 2019 mendatang, Rabu (13/3/2019)(Foto: Covesia/ Almurfi Syofyan)

Covesia.com - Pemerintah Kota (Pemko) Pariaman mulai meruntuhkan bangunan Pasar Pariaman, Rabu (13/3/2019). Satu unit alat berat dikerahkan untuk merobohkan bangunan pasar yang akan dibangun ulang pada April 2019 mendatang. 

Pantauan Covesia.com di lapangan, proses peruntuhan bangunan pasar Pariaman menjadi tontontonan warga sekitar. Sebanyak 28 orang pekerja mulai membongkar atap dan pagar yang terpasang di bangunan pasar. Alat berat mulai meruntuhkan satu per satu kios di bangunan Pasar serikat tersebut.

Peruntuhan pasar dilakukan dengan partisipasi anak nagari Pariaman, Dahzulkifli. Menurutnya, peruntuhan pasar dilakukan setelah seluruh pedagang direlokasi ke pasar penampungan sementara. 

"Batas waktu pindah ke pasar penampungan kemarin, Selasa (12/3). Sesuai jadwal, kami mulai melakukan pembongkaran hari ini," kata Dahzulkifli.

Pihaknya akan menambah 2 unit alat berat lagi pada esok hari agar peruntuhan bangunan pasar dipercepat. Peruntuhan ditargetkan selesai pada 25 hari kedepan.

"Target Pemko minta agar peruntuhan selesai dalam 25 hari, tapi kita maksimalkan pembongkaran lebih cepat sehingga pembangunan bisa dimulai secepatnya," ujarnya.

Katanya, peruntuhan bangunan pasar dilakukan secara sukarela tanpa anggaran dari Pemerintah Kota Pariaman. Peruntuhan yang dilakukan bentuk dukungannya sebagai anak nagari Pariaman agar pembangunan pasar dilakukan secepatnya.

"Salah satu syarat pembangunan ulang pasar adalah bangunan harus diruntuhkan dulu. Sebagai anak nagari, kami mendukung pembangunan pasar dengan membantu peruntuhan ini," pungkasnya.

Kontributor Pariaman: Almurfi Syofyan

Berita Terkait

Baca Juga