Terima Aspirasi Siswa SMAN 5 Padang, DPRD Sumbar Pastikan Tim Pencari Fakta Turun ke Sekolah

Terima Aspirasi Siswa SMAN 5 Padang DPRD Sumbar Pastikan Tim Pencari Fakta Turun ke Sekolah Ketua Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hidayat saat ditemui ratusan siswa SMAN 5 Padang, Selasa (12/3/2019)(Foto: Covesia/ Fadil)

Covesia.com - Ketua Komisi V DPRD Sumatera Barat (Sumbar), Hidayat saat ditemui ratusan siswa, Selasa (12/3) siang berjanji akan menuntaskan persoalan yang terjadi di SMAN 5 Padang. Menurutnya, saat ini Dinas Pendidikan Sumbar telah membentuk tim pencari fakta.

"Kita dari DPRD Sumbar sangat mengapresiasi tindakan yang dilakukan siswa SMAN 5 Padang dengan menyampaikan aspirasi secara santun, namun begitu tuntutan tersebut akan kita tindak lanjuti bersama Dinas Pendidikan," ujar Hidayat.

Ia mengaku sangat kaget dengan adanya orasi dan aksi mogok belajar yang dilakukan oleh siswa SMAN 5 Padang. Bahkan ia mengikuti perkembangan aksi tersebut sampai Gubernur Sumbar Irwan Prayitno juga merespon dan berkomentar terkait aksi tersebut. 

"Ini caranya sudah tepat, kami dalam waktu dekat akan mengundang Dinas Pendidikan dan kepsek untuk hadir di sini, sekarang sedang di bentuk tim pencari fakta yang diketuai oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Sumbar Bustavidia," bebernya.

Lebih lanjut, ia menegaskan bahwa DPRD dan Pemprov Sumbar tidak ingin gegabah dalam menyelesaikan persoalan yang terjadi di SMAN 5 Padang. Selain itu, ia juga tidak menginginkan proses belajar mengajar (PBM) siswa terganggu.

"Memang kita tidak menginginkan management pengelolaan sekolah tidak transparan dan juga tidak menginginkan terjadinya pungutan di sekolah tanpa landasan hukum yang jelas," tegasnya.

"Besok tim pencari fakta akan turun ke sekolah untuk melakukan investigasi, kami tidak ingin siswa mogok belajar," lanjutnya

Sementara itu, perwakilan siswa SMAN 5 Padang, M Risko Ilham, mengatakan ia sangat bersyukur DPRD Sumbar telah mendengar keluhan yang dihadapi siswa SMAN 5 Padang.

"Alhamdulillah tuntutan kami telah diterima DPRD Sumbar, besok kami akan kembali sekolah seperti biasanya," jelasnya.

(dil/don)

Berita Terkait

Baca Juga