Agar PBM Tidak Terganggu, Disdik Sumbar Janji akan Selesaikan Persoalan di SMAN 5 Padang

Agar PBM Tidak Terganggu Disdik Sumbar Janji akan Selesaikan Persoalan di SMAN 5 Padang SMAN 5 Padang (Foto: Covesia/ Fadil)

Covesia.com - Aksi mogok belajar yang dilakukan siswa kelas kelas X dan XI SMAN 5 Padang jika dibiarkan akan mengganggu Proses Belajar Mengajar (PBM), terutama bagi kelas XII yang akan menghadapi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun 2019, Rabu (13/3) mendatang.

Sekretaris Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) Bustavidia, aksi mogok belajar yang dilakukan oleh siswa tersebut diharapkan tidak menggangu proses belajar mengajar di SMAN 5 Padang.

"Rabu depan (13/3) pelaksanan ujian  USBN. Ujian tersebut penting untuk siswa kelas tiga dan ini yang menentukan kelulusan siswa bukan hasil UN. Tentunya diharapkan kepada anak kelas tiga tetap belajar dengan sebaik-baiknya," ujar Bustavia kepada sejumlah awak media di Padang, Senin (11/3/2019).

Selain itu, terkait tuntutan siswa agar Disdik Sumbar memberhentikan Kepala Sekolah SMAN 5 Padang, ia berjanji akan melakukan klarifikasi terhadap kepala sekolah.

Menurutnya, persoalan memberhentikan seseorang dari jabatannya tidaklah mudah, tentu ada mekanisme yang jelas. 

"Kami sudah menerima lembaran tuntutan siswa, ini yang akan diklarifikasi nanti kepada kepala sekolah," ucapnya.

Disisi lain, menurutnya memang hampir disebagian sekolah rancu dalam memahami dana komite, seperti yang dituntut siswa soal transparasi dana komite. 

"Siswa meminta transparansi dana komite kepada kepala sekolah, sementara dalam aturan pertanggungjawaban antara kepala sekolah dengan ketua komite," sebutnya.

Bahkan informasinya, dana komite tidak dipungut sejak enam bulan terakhir, tentu tidak ada dana operasional selain dari dana BOS. Begitu juga untuk kegiatan ekstrakurikuler tidak bisa didanai oleh BOS.

"Dana BOS itu jelas peruntukannya. Dan kegiatan ekstrakurikuler ditanggung oleh dana komite. Nanti akan kita klarifikasi juga kepada ketua komite," ucapnya.

Baca juga: Diminta Mundur, Ini Kata Kepala Sekolah SMAN 5 Padang

(dil/don)


Berita Terkait

Baca Juga