Disdukcapil Temukan Data Seorang WNA asal Banglades di Pesisir Selatan

Disdukcapil Temukan Data Seorang WNA asal Banglades di Pesisir Selatan Ilustrasi (Dok.Covesia)

Covesia.com - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar) menemukan seorang warga asing (WNA) asal Negara Banglades yang berdomisili di daerah tersebut.

Sekretaris Disdukcapil Pesisir Selatan, Masril mengatakan, telah menemukan data (WNA) asal Banglades yang berdomisili selama puluhan tahun di daerahnya. 

"Ia berdomisili di Muara Sakai Inderapura, Kecamatan Pancungsoal, dan dia sudah berada di Indonesia selama sepuluhan tahun. Tapi KITAP-nya (Kartu Izin Tinggal Tetap) itu baru lima tahun," ungkapnya ketika dihubungi Covesia.com, Minggu (10/3/2019).

Dijelaskannya, seorang warga asing tersebut telah memiliki kartu keluarga sendiri, tapi untuk status masih berwarga negara Banglades.

"Status kartu keluarganya bernegara Banglades dan ia juga telah memiliki dua anak. Untuk status anaknya, terdaftar sebagai warga negara Indonesia (WNI)," terangnya.

Menurutnya, terkait persoalan itu, pihaknya telah melakukan pendataan dan pihaknya belum ada yang mengeluarkan KTP untuk warga negara asing. 

"Untuk statusnya masih berstatus negara Banglades di dalam KK nya, dan ia juga belum melakukan perekaman KTP," ujarnya.

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pessel Epaldi Bahar mengatakan, saat ini masih belum ada ditemukannya adanya data dari WNA yang masuk DPT.

"Memang sejauh ini masih belum ada yang terdaftar di DPT. Dari data Capil yang kita terima sebanyak 4 orang WNA," singkatnya.

Kontributor Pessel: Indrayen Putra

Berita Terkait

Baca Juga