Kapolda Sumbar Sebutkan Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi Generasi Millenial

Kapolda Sumbar Sebutkan Pelanggaran Lalu Lintas Didominasi Generasi Millenial Kapolda Sumbar (kanan) didampingi Gubernur Sumbar, Kakorlantas, dan ketua DPRD Sumbar saat sosialisasi keselamatan berkendara Millenial Safety Road Festifal di Padang, Minggu (9/3/2019)

Covesia.com - Kapolda Sumbar, Irjen Pol Fakhrizal sebutkan, rata-rata pelanggaran lalu lintas yang menyebabkan kecelakaan dan kematian di jalan raya korbannya didominasi merupakan para generasi millenial atau yang berusia 17-35 tahun, yang sering tidak mematuhi aturan lalu lintas saat berkendara.

Hal tersebut diungkapkan Kapolda saat pagelaran ivent Millenial Safety Road Festival, yang diikuti sekitar puluhan ribu masyarakat dan generasi millenial di kawasan car free day, jalan Khatib Sulaiman, Kota Padang, Minggu (9/3/2019).

"Diketahui bahwa tingkat kecelakaan di jalan raya di Sumbar cukup tinggi,  setiap harinya rata-rata ada 8 kasus kecelakaan dan 2 orang meninggal akibat korban kecelakaan di jalan raya," ungkap Kapolda.

Lebih lanjut Kapolda menyebutkan, bahwa tujuan acara ini adalah membangun budaya tertib lalu lintas, khususnya generasi millenial dan meningkatkan kualitas keselamatan di jalan serta menurunkan angka korban kecelakaan di jalan. Disamping itu kegiatan ini diharapkan menjadi icon kepekaan, kepedulian dan bela rasa untuk keselamatan hidup masyarakat.

"Mari kita wujudkan generasi millenial yang cinta lalu lintas menuju Indonesia gemilang, stop pelanggaran, stop kecelakaan untuk keselamatan hidup manusia," kata Kapolda.

Kapolda menambahkan, kegiatan ini juga ditargetkan dapat menekan angka kecelakaan lalu lintas yang melibatkan generasi millenial atau generasi yang lahir antara tahun 1980 dan 2000, sesuai data korban kecelakaan lalu lintas didominasi dari kalangan millenial, sekitar 55 persen korban adalah generasi muda.

"Kecelakaan tersebut mayoritas berasal dari kendaraan roda dua, kami menargetkan di tahun 2020, kecelakaan lalu lintas yang melibatkan millenial harus dibawah 55 persen, kalau bisa di bawah 30 persen," sebut Kapolda.

(don)



Berita Terkait

Baca Juga